Obat Gratis Diprioritaskan untuk Pasien Isoman 40 Tahun ke Atas

- Jumat, 23 Juli 2021 | 14:10 WIB
Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol.Inf. Ary Sutrisno.
Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol.Inf. Ary Sutrisno.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Bantuan untuk masyarakat yang terdampak kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 4 terus digulirkan pemerintah. Termasuk bantuan berupa obat-obatan bagi pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Hari ini kan pemerintah sudah berupaya menyalurkan bantuan melalui semua jalur, baik itu bantuan sosial, BLT,BPT, melalui pemerintah daerah. Kemudian bantuan beras juga melalui kepolisian. Kami TNI juga melaksanakan distribusi bantuan obat-obatan gratis bagi masyarakat yang melakasanakn isoman,” ujar Komandan Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya Letkol.Inf. Ary Sutrisno, Jumat, 23 Juli 2021.  

Menurut Ary, kebutuhan obat-obatan untuk pasien isoman khususunya di Kota Tasikmalaya sesuai dengan data yang ajukan ke pimpinan adalah sekira 1.400 paket obat. Namun, pada gelombang pertama ini pihaknya baru menerima sebanyak 635 paket obat. Untuk penyaluran obat ke pasien isoman, pihak Kodim 0612 Tasikmalaya pun berkoodinasi dengan dinas kesehatan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk penyalurannya, karena kami TNI tetap membutuhkan assesmen kesehatan terhadap pasien isoman. Pendistribusian akan diprioritaskan bagi pasien isoman yang usia 40 tahun ke atas. Nanti secara bertahap pembagian dilakukan terutama bagi masyarakat yang memang tidak mampu,” ucapnya.

Ia menuturkan, pendistribusian obat-obatan gratis dari pemerintah pusat untuk pasien isoman akan didistribusikan terlebih dahulu ke koramil. Kemudian dikoordinasikan dengan pihak puskesmas setempat dalam pemberian obatnya ke pasien isoman.

“Kami TNI tidak memiliki kemampuan untuk assessment kesehatan dan tidak bertanggungjawab terhadap kesehatan atau pun perawatan pasien isoman. Sehingga pendistribusian ini kami hanya membantu menyalurkan. Namun, pada saat penyaluran ke pasien yang isoman tentunya atas izin dari dokter. Ini yang kami tekankan dilapangan,” kata dia

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Rabu, 22 September 2021 | 11:40 WIB
X