Hati-Hati Kolesterol Mengintai Usai Iduladha

- Rabu, 21 Juli 2021 | 16:31 WIB
Ilustrasi - Kolesterol meningkat usai makan daging kurban Iduladha.
Ilustrasi - Kolesterol meningkat usai makan daging kurban Iduladha.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM - Melimpahnya daging saat hari raya Iduladha harus disikapi dengan bijaksana. Jangan sampai, daging kurban yang cukup banyak menjadi sumber penyakit dikemudian hari. Kiranya, perlu diantisipasi dan diwaspadai karena mengkonsumsi daging secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Direktur Utama RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) Iman Firmansyah menuturkan, masyarakat harus bijak menjaga pola makan daging saat Iduladha. Melimpahnya daging di hari raya Islam itu, dijadikan kesempatan menyantap makanan daging dengan berlebihan.

Mengkonsumsi daging secara berlebihan akan menggangu kesehatan dan mengundang penyakit seperti kolesterol dan gangguan pencernaan.

"Konsumsinya dibatasi makanan daging, jangan sampai berlebihan karena akan memicu penyakit di antaranya kolesterol dan gangguan pencernaan," kata Iman, Rabu 21 Juli 2021.

Gangguan pencernaan dan kolesterol akibat memakan daging terlalu banyak, lanjut Iman, ditandai dengan musing dan mual. Jika mendapati gejala itu, segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke klinik atau Puskesmas terdekat.

"Kalau muncul gejala pusing, mual dianjurkan untuk periksakan secepatnya ke dokter," pungkas Iman.

Iman menyarankan, masyarakat juga bisa mengimbangi asupan gizi dari buah-buahan dan sayuran jangan sampai makan daging berlebih.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Kini Giliran Kabel PJU Cianjur Kota Digasak Maling

Selasa, 21 September 2021 | 14:27 WIB

Pemerintah Pusat Didorong Segera Bangun Jalur Puncak 2

Senin, 20 September 2021 | 09:50 WIB
X