Tips Melakukan Perawatan Rem Cakram Sepeda Motor

- Selasa, 13 Juli 2021 | 18:20 WIB
Di Yamaha Service Shop (YSS) bisa memanfaatkan Service Kunjung Yamaha (SKY).
Di Yamaha Service Shop (YSS) bisa memanfaatkan Service Kunjung Yamaha (SKY).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Peranan rem pada sepeda motor sangatlah penting dan masuk ke dalam faktor keselamatan dalam berkendara. Sampai saat ini tipe rem yang digunakan di sepeda motor hampir seluruhnya menggunakan tipe rem cakram.

Mengenai fungsi dasar dari rem yaitu salah satunya untuk menghentikan sepeda motor bila diperlukan. Seperti dikondisi sepeda motor berhenti dilampu merah, berhenti mendadak dan jalanan menurun maupun tikungan. 

Perlu diperhatikan setiap kondisi rem baik tipe tromol atau tipe cakram di sepeda motor. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips mudah cara merawat dan memeriksa rem cakram sepeda motor kesayangan kamu, berikut tipsnya:

1. Periksa Gesekan Rem
Angkat roda depan atau belakang dari lantai menggunakan standar tengah atau standar sejenis. Putar roda dengan pelan, dan periksa putaran rodanya. Kondisi normal putaran roda berputar lancar tanpa hambatan, jika rem bergesekan disuatu titik, putaran roda menjadi pelan di sana. Hal yang harus periksa adalah kerataan dari permukaan brake pad, disc brake dan kaliper rem. Bersihkan komponen-komponen tersebut dan jika terjadi macet dikaliper kamu perlu melakukan pembongkaran lebih lanjut agar putaran roda normal kembali.

2. Periksa Ketinggian Minyak Rem
Lihat garis horisontal lower lever pada reservoir tank dengan menggerakkan handle bar. Selain itu, periksa juga Ketika minyak rem sedang bekerja dengan cara "tarik" dan "lepas" brake lever / pedal beberapa kali. Pastikan kembali lagi ke posisi semula. 

3. Periksa Kebocoran Minyak Rem
Jika ditemukan retak atau celah, berarti hose sudah buruk dan harus diganti. Pada saat master rem ditekan melalui brake lever / pedal minyak rem akan menggerakan piston yang ada pada kalipe. Jangan lupa ganti minyak rem secara berkala,  bertujuan untuk menjaga kinerja sistem rem tetap dalam kondisi yang optimal.

4. Periksa Keausan Brake Pad dan Disc Brake
Kondisi keausan brake pad dapat diperiksa dengan indikator keausan pada brake pad. Jika alur dari indikator keausan (pada titik dimana banyak keausan) menghilang dan ketebalan dan kebengkokan disc brake tidak sesuai spesifikasi model, maka waktunya untuk mengganti komponen tersebut.

Demikian tips merawat rem cakram sepeda motor, periksa empat point diatas agar kondisi rem cakram sepeda motor aman dan bekerja dengan optimal.

Namun jika mengalami kesulitan dalam memeriksa rem cakram ini, bisa dengan mudah datang ke Yamaha Service Shop (YSS) atau dealer resmi Yamaha. Sepeda motor Yamaha akan ditangani oleh teknisi handal dan bersertifikat. Selain itu di Yamaha Service Shop (YSS) bisa memanfaatkan Service Kunjung Yamaha (SKY). Jangan lupa download Aplikasi MY YAMAHA untuk memudahkan dalam perawatan sepeda motor Yamaha. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Rabu, 22 September 2021 | 11:40 WIB
X