Kurban Daring, Solusi Kurban Saat PPKM Darurat

- Jumat, 9 Juli 2021 | 15:26 WIB
Kurban Daring, Solusi Kurban Saat PPKM Darurat
Kurban Daring, Solusi Kurban Saat PPKM Darurat

Lengkong, Ayobandung.com - Karena wabah covid-19 yang belum mereda dan malah semakin banyak kasus yang terjadi, membuat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terutama di daerah dengan level asesmen 3 dan 4, termasuk didalamnya adalah Jawa dan Bali.

Menyusul keputusan tersebut, KEMENAG juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi panduan bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan ibadah, salah satunya adalah mengenai perayaan Idul Adha 2021.

Dalam surat tersebut, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan sholat Idul Adha di tempat umum karena dikhawatirkan akan membuat kerumunan. Kemudian, KEMENAG juga memutuskan kalau kegiatan penyembelihan hewan kurban harus dilakukan oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan.

Untungnya, kemajuan teknologi saat ini telah mampu memfasilitasi kita dalam melakukan ibadah kurban sehingga menjadi lebih mudah. Kita tentu sudah akrab dengan proses transaksi jual beli yang sering dilakukan di marketplace atau sosial media.

Dewasa kini, telah ada banyak penyedia layanan kurban yang mengadopsi strategi serupa sehingga ibadah kurban dapat dilakukan secara daring. Berikut adalah beberapa badan yang telah memfasilitasi ibadah kurban agar dapat dilakukan secara daring :

1. Badan Amil Zakat Nasional, BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI adalah sebuah (bahkan boleh disebut satu-satunya) badan resmi yang dibentuk pemerintah yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah (zis) pada tingkat nasional. Layanan kurban online telah disediakan oleh BAZNAS sejak 2016 dengan nama Kurban digital BAZNAS, namun kembali diperbaharui menjadi Kurban Online BAZNAS.

Menurut pernyataan pihak BAZNAS sendiri, dengan berkurban melalui layanan ini maka shohibul kurban (orang yang berkurban) telah membantu meningkatkan ekonomi dalam negeri karena mereka membeli langsung dari peternak yang dibina oleh BAZNAS. Selain itu, hewan tersebut juga akan disembelih dan didistribusikan hingga ke daerah-daerah pelosok indonesia. Bahkan daging kurban yang telah diolah sebagai bahan makanan kalengan tersebut juga dapat mencapai negara-negara di luar negeri yang membutuhkan, contohnya palestina.

Pada tahun 2021 ini, BAZNAS telah menyediakan hingga 16 titik di berbagai kabupaten/kota dengan hewan berkualitas tinggi agar semakin mudah untuk dicapai oleh pengguna. Mereka juga meningkatkan penawaran harga menjadi 3 penawaran agar memudahkan shohibul qurban (mudhohi) untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya

2.  Aksi Cepat Tanggap, ACT

Selain institusi milik negara, terdapat juga badan kemanusian swasta yang juga menawarkan pelayanan kurban daring, salah satunya adalah organisasi bernama Aksi Cepat Tanggap (ACT). Organisasi yang lebih dikenal sebagai ACT ini adalah sebuah organisasi nirlaba profesional yang berfokus pada program-program kemanusiaan penanggulangan bencana alam, misalkan pemulihan pasca-bencana.

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X