PWI Minta Pejabat Pemkab Cianjur Jangan Sulit Dihubungi Wartawan

- Kamis, 1 Juli 2021 | 20:53 WIB
Wartawan saat wawancara Bupati Cianjur.
Wartawan saat wawancara Bupati Cianjur.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur, meminta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur agar tidak sulit dihubungi wartawan saat pandemi Covid 19.

Permintaan tersebut bukan tanpa alasan, saat ini wartawan sangat terbatas geraknya karena meningkatnya angka yang terkonfirmasi positif Covid 19, baik hasil swab antigen maupun PCR.

Begitpun pemerintah daerah memberlakukan work from home (WFH) di semua organisasi perangkat daerah (OPD), akibatnya tidak setiap saat ada dikantor.

Wakil Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Yanto Hidayat, mengatakan seharusnya dengan terbatasnya gerak wartawan dan adanya WFH di perkantoran, para pejabat harus mengerti dengan tidak sulit dihubungi.

“Disaat pandemi seperti ini harus sama-sama mengerti kondisinya, tapi kenyataanya kami mendapat keluhan dari wartawan yang bergabung di PWI  sangat sulit menghubungi para pejabat untuk konfirmasi,” terang Yanto pada Ayobandung.com, Kamis 1 Juli 2021.

Selain sulit dihubungi, bahkan ada pejabat terutama OPD teknis berganti nomor handphone yang hanya diketahui beberapa bawahannya dan atasannya, baik itu Bupati dan Wakil Bupati.

“Kan sudah jelas dalam Undang Undang Nomor 40 tentang Pers, penjelasannya masyarakat berhak mendapat informasi dari pemangku jabatan mengenai permasalahan yang ada di masyarakat,” tegasnya.

Yanto mengharapkan, Bupati maupun Wakil Bupati agar memerintahkan aparat pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur untuk tidak menolak dihubungi rekan-rekan wartawan.

“Bupati dan Wakil Bupati saja mudah diwawancara, masa pejabatnya susah. Hilangkan lah pemikiran yang negatif terhadap wartawan, kita ini kan mitra strategis dalam memberilan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X