Harga Bibit Porang Katak Rp250 ribu, Petani Cianjur Untung Besar

- Rabu, 30 Juni 2021 | 21:13 WIB
Bibit Porang Katak.
Bibit Porang Katak.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Petani porang Desa Sindangaaih Kecamagan Karangtengah Kabupaten Cianjur ketiban untung besar, lantaran bibit porang jenis katak saat ini mencapai Rp250 ribu per kilogram.

Yandi Setiandi, Ketua Gapoktan Desa Sindangasih, mengatakan, awalnya harga bibit porang jenis katak hanya Rp150 ribu hingga Rp200 ribu, tapi saat ini mencapai Rp250 ribu.

“Iya saat ini kita dapat informasi kepastian untuk harga bibit porang jenis katak mencapau Rp250 ribu perk kilogram,” kata Yandi pada Ayobandung.com, Rabu 30 Juni 2021.

Gapoktan Desa Sindangasih saat ini menanam porang dengan luas lahan 6 hektar, baru satu hektar yang panen. Dari satu hektar itu, menghasilkan bibit porang jenis katak sebanyak 600 kilogram.

Kalau hasil panen bibit porang jenis katak sebanyak 600 kilogram dikalikan harga saat ini Rp250 ribu, makan pemasukan yang didapat Rp150 juta.

“Alhamdulillah, kita dapat maksimal penjualan di bibit porang jenis katak,” ujarnya.

Dari satu hektar itu baru dihasilkan dari bibit porang jenis katak, belum lagi hasil umbi porang yang dalam satu hektar mengasilkan 40 ton.

“Belum kita jual, karena masih dalam pertimbangan untuk dijual basah, kering dan bentuk bedak,” tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

X