Viral di Media Sosial, Begini Fakta APD Berantakan di Pemakaman Bogor

- Senin, 21 Juni 2021 | 06:40 WIB
APD berserakan di makam yang sempat viral di media sosial.
APD berserakan di makam yang sempat viral di media sosial.

CIBINONG, AYOBANDUNG.COM — Sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah APD tergeletak secara berantakan di TPU Pondok Rajeg sempat viral di media sosial pada Sabtu, 19 Juni 2021.

Mengetahui viralnya foto itu, jajaran Polsek Cibinong kemudian melakukan pemantauan ke lokasi, Minggu, 20 Juni 2021.

Dari pemantauan tersebut, terungkap fakta dari penuturan pimpinan makam.Menurut penuturan pimpinan pemakaman, pada pukul 14.00 WIB, sedang berlangsung pemakaman dan petugas sedang beristirahat. Kondisi kerja yang cukup sibuk pun membuat para petugas membiarkan APD berserakan karena ada jenazah yang harus segera dimakamkan.

Saat para petugas meninggalkan lokasi makam tempat APD berserakan, seorang warga mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial. Foto itu pun mengundang berbagai reaksi karena menimbulkan adanya kesan lalai terhadap penyebaran virus yang bisa saja menular lewat pakaian yang berserakan.

Foto itu pertama kali diunggah oleh seorang warga bernama Fara Dilla di akun Instagram-nya. Dalam foto itu memang terlihat beberapa APD yang seolah dibiarkan begitu saja bertebaran di area makam.

“Alangkah tidak eloknya ketika ada kotoran-kotoran yang berada di sekitaran makam yang sepertinya dengan sangat sadar telah diletakkan bertebaran di atas makam, serta banyak APD yang secara sadar pula tidak diperlakukan atau dibersihkan atau apapun secara etika,” ujar Fara dalam keterangan fotonya.

Dari hasil pemantauan Polsek Cibinong, diketahui APD yang berserakan itu segera dibereskan dan dimusnahkan dengan cara dibakar. Kondisi makam juga sudah bersih saat petugas datang ke lokasi. Hal itu dikonfirmasi oleh Kapolek Cibinong AKP Bayu Tri Nugraha.

"Kami bersama pimpinan makam saudara Atang yang mengecek kembali ke lokasi pemakaman yang viral tersebut pun tidak menemukan adanya bekas APD yang berserakan, karena APD yang bekas dipakai saat itu telah dimusnahkan dengan cara di bakar dan kondisi makam telah dalam keadaan bersih,” kata Bayu. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB

Waduh, Pasangan Nikah Siri Didominasi Orang Kota

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:26 WIB
X