Polres Tasikmalaya Kota Amankan Puluhan Orang Terduga Preman Jalanan

- Rabu, 16 Juni 2021 | 17:00 WIB
Puluhan orang yang disinyalir sebagai preman diamankan ke Mapolres Tasikmalaya Kota Rabu, 17 Juni 2021.
Puluhan orang yang disinyalir sebagai preman diamankan ke Mapolres Tasikmalaya Kota Rabu, 17 Juni 2021.

BUNGURSARI, AYOBANDUNG.COM — Puluhan orang yang diduga sebagai preman jalanan diamankan Polres Tasikmalaya Kota dalam kegiatan operasi premanisme, Rabu, 16 Juni 2021. 

Mereka digusur petugas dari beberapa titik seperti di Jalan Sewaka dan Jalan Mangkubumi—Indihiang (Mangin).

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tasikmalaya Kota AKP Septiawan Adi Prihartono mengatakan, operasi premanisme tersebut menindaklanjuti instruksi Kapolri tentang pemberantasan aksi premanisme dan kejahatan jalanan lainnya.

"Kita mendapat laporan dari masyarakat yang merasah resah dan terganggu dengan aktivitas orang-orang yang disinyalir sebagai preman. Kita langsung tindak lanjuti berhasil mengamankan sekitar 26 orang di beberapa lokasi," ujar Septiawan, Rabu, 17 Juni 2021.

Ia menuturkan, razia premanisme tersebut dilakukan oleh tim gabungan dari Satuan Sabhara dan Reskrim. Semua yang terjaring razia langsung diangkut ke mobil patroli dan diamankan ke Mapolres Tasikmalaya Kota.

"Kita data semuanya dan diambil sidik jarinya kemudian diberikan pembinaan. Kita juga dalami apakah ada unsur pidananya atau tidak," ucapnya.

Ia menyebut, mereka yang terjaring razia harus membuat surat pernyataan yang isinya berjanji tidak akan melakukan perbuatan yang serupa.

"Jadi tidak semua aksi premanisme ini kita berikan sanksi pidana, tapi diberikan juga pembinaan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya," pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Sabraha Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman mengatakan, operasi premanisme sudah dilaksanakan dalam beberapa hari terakhir ini. Namun, kali ini operasi dilakukan oleh tim gabungan semua satuan dan fungsi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Ribuan Siswa SD Tidak Bisa Login Simulasi ANBK

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:07 WIB
X