'Oknum' Eksploitasi Gunung Ciremai Dikhawatirkan Makin Leluasa

- Minggu, 13 Juni 2021 | 18:45 WIB
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

KUNINGAN, AYOBANDUNG.COM — Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat, Meiki W Paendong mengatakan, rencana pemerintah mengeksplorasi panas bumi atau geothermal di Gunung Ciremai, dikhawatirkan membuat orang-orang yang tidak bertanggungjawab semakin masif mengeksploitasi sumber daya alam di kawasan konservasi gunung tersebut.

Pasalnya, untuk menjalankan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di kawasan Gunung Ciremai, perlu ada pembukaan lahan di samping mengubah status hutan konservasi sehingga izin eksplorasi keluar.

Tindakan itulah yang dikhawatirkannya membuat para "oknum" semakin leluasa mengekploitasi sumber daya alam.

"Ini kan sudah terjadi digunakan oleh oknum-oknum warga, misalnya, untuk merambah hutan, menebang pohon, melakukan perburuan liar bahkan sampai membuka lahan. Jadi semakin mudah aksesnya karena ada jalan menuju ke kawasan hutan itu," kata dia saat dihubungi Ayocirebon.com (jaringan Ayobandung.com), akhir pekan ini.

Tak mengejutkan nantinya, ujar Meiki, bila kerusakan lingkungan Gunung Ciremai akan semakin menjadi-jadi. Apalagi, soal rencana pembuatan PLTP dari Kementerian ESDM ini sudah dikhwatirkan warga jauh-jauh hari dengan melakukan penolakan.

"Geothermal ini berada di dalam kawasan konservasi. Rata-rata di Pulau Jawa dan di luar pun seperti itu, yang akhirnya akan membuka peluang kerusakan hutan konservasi ini semakin besar," kata dia.

Terkait tindaklanjut rencana eksplorasi panas bumi Gunung Ciremai, Kementerian ESDM sebelumnya sudah mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan pada Kamis, 10 Juni 2021.

Pada pertemuan itu hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, Bagian Perekonomian dan SDA Setda, Forkopimda Kabupaten Kuningan, sejumlah kepala SKPD, camat dan kepala dessa di wilayah terkait geothermal. Sementara dari Kementerian ESDM hadir Edi Indiarto, selaku Koordinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementerian ESDM.

Kala itu Edi menjelaskan, energi panas bumi atau geothermal adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi. Indonesia sendiri, jelas dia, memiliki potensi energi terbarukan geothermal terbesar di dunia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Petani di Cianjur Hilang Misterius di Lapang Bola

Rabu, 28 September 2022 | 18:26 WIB

Ibu Gantung Diri di Cianjur Saat Anak Bungsu Minta Susu

Senin, 26 September 2022 | 20:27 WIB

Ridwan Kamil Diyakini Akan Tetap Melaju Jadi RI 1

Senin, 26 September 2022 | 20:15 WIB
X