Soal Haji, Ridwan Kamil Minta Pemerintah Lobi Lagi Arab Saudi

- Senin, 7 Juni 2021 | 13:27 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam video conference.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam video conference.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku sedih dengan keputusan Indonesia yang gagal memberangkatkan jamaah haji pada tahun ini.

"Karena ini kali kedua kita tidak bisa melaksanakan haji apalagi umrah. Apalagi sejak tahun lalu saya sudah persiapan jadi amirul Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Senin 7 Juni 2021, dilansir dari Republika.co.id.

Emil mengatakan, ia meminta mereka yang sudah siap sesuai jatahnya harus ikhlas dan bersabar. 
"Karena bagaimanapun qodarullah seperti ini," katanya.

Ketiga, kata dia, kalau masih ada waktu dan kesempatan ia memohon pemerintah pusat untuk melobi pemerintah Arab Saudi lagi. 

"Cobalah sekali lagi melobi kira-kira begitu. Kenapa, karena saya meyakini Pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan jangan nol sama sekali," paparnya.

Emil berharap, ikhtiar diplomatik tersebut bisa sukses. Sehingga, masih terbuka kesempatan untuk jamaah haji Indonesia diberangkatkan. 

"Mudah-mudahan ikhtiar diplomatik ini masih bisa diupayakan sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak. Tapi saya berdoa harapan itu masih dibuka," katanya.

Indonesia Gagal Berangkatkan Jamaah Haji 2021

Pemerintah Indonesia tidak akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia,” kata Menag menegaskan dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X