Pasokan Air Minim, 3.000 Hektare Sawah di Indramayu Belum Bisa Ditanam

- Minggu, 23 Mei 2021 | 20:24 WIB
Sawah alami kekeringan.
Sawah alami kekeringan.

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Kurang lebih 3.000 hektare dari 5.900 hektare sawah di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, belum bisa memulai masa tanam pada musim tanam gadu atau musim tanam April-September 2021. Hal itu akibat minimnya pasokan air irigasi dan musim hujan sudah berakhir. 

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Kandanghaur, Waryono, mengatakan, kondisi tersebut seperti yang terjadi di Kecamatan Kandanghaur.

“Lahan seluas 3.000 hektare sulit untuk memulai musim tanam gadu karena terkendala air,” kata Waryono, Minggu 23 Mei 2021.

Waryono menyebutkan, lahan yang belum bisa memulai masa tanam itu di antaranya terletak di Desa Karangmulya, Wirakanan, Wirapanjunan, Karanganyar, Pranti dan Curug. Meski sebagian sudah ada yang memulai persemaian, persemaian itu hingga kini belum bisa ditanam karena ketiadaan air.

“Persemaiannya juga sudah mulai kering, kekuningan karena kurang air,” kata Waryono.

Sementara itu, sekitar 2.900 hektare lainnya sawah di Kecamatan Kandanghaur hingga kini bahkan belum panen rendeng atau panen tanaman pada musim tanam penghujan. Sebab, lahan tersebut sebelumnya mengalami puso (gagal panen) akibat banjir pada awal 2021 sehingga harus dilakukan tanam ulang.

Waryono mengatakan, akibat tanam ulang itu, masa panen rendeng mereka jadi mundur. Saat ini, umur tanaman padi yang belum panen tersebut rata-rata 80 – 90 hari.

Waryono mengungkapkan, dari informasi yang diterimanya, minimnya pasokan air irigasi itu disebabkan adanya kegiatan perbaikan saluran. Bahkan, petani diimbau untuk menunda musim tanamnya hingga Juni.

Selain di Kecamatan Kandanghaur, kesulitan pasokan air juga dirasakan para petani di Desa Plosokerep, Kecamatan Terisi. Untuk memperoleh air, para petani harus menyedotnya menggunakan mesin pompa air.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Hari Keempat Gempa Cianjur, 272 Meninggal Dunia

Kamis, 24 November 2022 | 18:24 WIB
X