Kepala P3DW Subang: Relaksasi PPnBM Tingkatkan Pendapatan Daerah

- Minggu, 9 Mei 2021 | 17:40 WIB
Ilustrasi -- Pusat Pengelola Pendapatan Wilayah (P3PDW) Subang.
Ilustrasi -- Pusat Pengelola Pendapatan Wilayah (P3PDW) Subang.

SUBANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Pusat Pengelola Pendapatan Wilayah (P3PDW) Subang Lovita Adriana mengatakan, insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan hal penting sebab dapat digunakan sebagai instrumen pengungkit konsumsi.

Adanya insentif itu, lanjut Lovita, merupakan angin segar bagi dunia otomotif dalam menggerakkan perekonomian dan memperkuat pemulihan ekonomi Nasional, khususnya di Subang.

"Insentif ini adalah bentuk dukungan Pemerintah bagi sektor industri kendaraan bermotor dan keberlangsungan dunia usaha otomotif yang terdampak pandemi COVID-19," Kata Lovita ketika dihubungi, Rabu, 5 Mei 2021.

Dengan adanya insentif PPnBM ini, tambah Lovita, dunia otomotif yang terkena imbas COVID-19 dapat memberikan dampak bagi daerah.

Menurutnya, pajak daerah bisa didapatkan salah satunya berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Pada April 2021, progres dari Relaksasi PPnBM ini belum terlihat dampak dan pengaruhnya.  Ia menerangkan, hal itu disebabkan oleh lemahnya daya beli masyarakat dan kebanyakan masih inden.

“Sebenarnya pengaruh insentif PPnBM selama sebulan ini terhadap penjualan mobil cukup signifikan. Tetapi sifatnya masih inden sekitar satu sampai dua bulan. Kita bisa mengetahui berapa kendaraan baru di Subang setelah mencatat kendaraan yang telah melalui proses Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Samsat," jelasnya.

Di Subang diketahui terdapat 440.000 kendaraan bermotor dan 91%-nya adalah kendaraan roda dua. Meski begitu, pihaknya tetap optimistis insentif ini akan meningkat dengan memperlihatkan kenaikan yang signifikan.

"Kami masih optimistis dengan pengaruh insentif PPnBM terhadap peningkatan jumlah kendaraan baru di Subang. Dengan demikian hal tersebut menjadi potensi dari PKB dan BBNKB. Sejauh ini yang dapat kami upayakan adalah mempercepat layanan bea balik nama dari dealer," ujar dia.

Kendati peningkatan mobil baru belum mengalami peningkatan di data base Samsat Subang, kata dia, jumlah kendaraan bermotor secara umum mulai menunjukkan peningkatan pada April ini.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Kaum Disabilitas Cianjur Terima Bantuan Kemensos

Jumat, 17 September 2021 | 21:37 WIB

Pejabat Disdikbud Cianjur Datangi Gedung KPK, Ada Apa?

Jumat, 17 September 2021 | 17:09 WIB

Teks Amanat Galunggung dan Maknanya yang Harus Dijaga

Jumat, 17 September 2021 | 15:53 WIB

Kapolres: Cianjur Rawan Geng Motor

Kamis, 16 September 2021 | 16:12 WIB

Ganjil Genap Jalur Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:36 WIB
X