Hari Pertama Larangan Mudik: 17 Ribu Kendaraan Diperiksa, 5 Ribu Diputarbalikkan

- Kamis, 6 Mei 2021 | 19:11 WIB
Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro.
Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro.

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy Sumitro sambangi pos penyekatan mudik lebaran di Gerbang Tol Bogor di Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis 6 Mei 2021 siang.

Kedatangan Eddy ke Kota Hujan untuk memastikan jika proses penyekatan di setiap pos pengamanan mudik lebaran berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Eddy mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, dari seluruh penyekatan di Jawa Barat sejauh ini situasi berjalan lancar. Dimana, dari sekitar 17.000 kendaraan yang diperiksa, ada sekitar 5.000 kendaraan yang diputar balik oleh petugas di seluruh wilayah di Jawa Barat.

"Jumlah itu berdasarkan laporan terakhir yang saya terima. Kemungkinan pada malam nanti ada perubahan data kembali, karena petugas sampai saat ini masih melakukan penyekatan di pos-pos pemeriksaan mudik lebaran," katanya, Kamis 6 Mei 2021.

Eddy mengaku tidak ada wilayah atau titik prioritas pada penyekatan arus mudik lebaran tahun. "Tidak ada istilah prioritas. Semua titik dan wilayah menjadi prioritas penjagaan petugas. Baik jalan alternatif, maupun jalan utama," ucapnya.

Pihaknya mengaku belum bisa memprediksi kapan adanya kenaikan jumlah kendarana yang turun ke jalan. Menurutnya, penyekatan arus mudik saat ini dilakukan bukan untuk memperlancar arus seperti tahun-rahun sebelumnya. 

Sebab, saat ini penjagaan tengah fokus agar masyarakat tidak melakukan mudik dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu kita melakukan operasi biar arus lalulintas lancar. Kalau sekarang untuk mencegah potensi penyebaran covid-19. Kalau tidak mau disekat, tidak mau ditindak petugas jangan keluar. Tidak usah keluar dan jangan mudik,” tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Kaum Disabilitas Cianjur Terima Bantuan Kemensos

Jumat, 17 September 2021 | 21:37 WIB

Pejabat Disdikbud Cianjur Datangi Gedung KPK, Ada Apa?

Jumat, 17 September 2021 | 17:09 WIB

Teks Amanat Galunggung dan Maknanya yang Harus Dijaga

Jumat, 17 September 2021 | 15:53 WIB

Kapolres: Cianjur Rawan Geng Motor

Kamis, 16 September 2021 | 16:12 WIB

Ganjil Genap Jalur Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:36 WIB
X