20% Desa di Jabar Belum Terhubung Internet

- Jumat, 23 April 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi penggunaan internet.
Ilustrasi penggunaan internet.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Desa di Jawa Barat (Jabar) hingga saat ini belum semuanya tersambung dengan internet. Menurut Executive Vice President PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Regional 3 Jabar, Sujito, dari 5.899 Desa/Kelurahan yang ada di Jabar, sekitar 20% desa di Jabar hingga saat ini belum terhubung dengan jaringan internet.

Namun, menurut Sujito, untuk tingkat kabupaten/kota, sudah 100% terhubung internet."Hingga saat ini belum semua desa di Jabar terhubung internet, baru 80%," ujar Sujito, Rabu, 21 April 2021.

Sujito mengatakan, umumnya desa-desa yang belum tersentuh internet terletak di area terpencil dan tertinggal dengan akses yang sulit, di antaranya sejumlah desa di kawasan Jabar Selatan.

Oleh karena itu, kata dia, seiring dengan lonjakan kebutuhan internet di masyarakat, saat ini Telkom fokus pada program digitalisasi desa/kelurahan, selain digitalisasi UMKM. 

Selain itu, kata dia, tak hanya konektivitas, tapi pekerjaan rumah yang ada saat ini juga termasuk keharusan desa memiliki konten dan platform."Makanya muncul sejumlah program percepatan digitalisasi pedesaan," katanya.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 terjadi percepatan digitalisasi hingga 5 kali lipat sebelumnya. Hal itu terjadi karena situasi mendesak yang meningkatkan kebutuhan teknologi digital."Situasi pandemi yang tidak memungkinkan masyarakat bisa bwrtemu secara fisik membuat digitalisasi menjadi pilihan," katanya.

Hal itu, kata dia, juga terlihat dari pertumbuhan jumlah pelanggan Telkom. Pada periode 2020-2021 jumlah pelanggan baru Telkom Jabar naik 60% dan saat ini mencapai 872.000 satuan sambungan.v"Lonjakan ini dipicu kebutuhan mendesak untuk pembelajaran jarak jauh dan work from home," katanya.

Penetrasi paling banyak, kata dia, untuk di Jabar masih ada di wilayah Bandung. Sementera potensi pelanggan terbesar ada di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, dll, yang memiliki wilayah luas, tapi coverage belum semua.

Sementara itu, pada Ramadhan dan Idulfitri 1442 H ini, Telkom kembali mengadakan rangkaian kegiatan TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idulfitri) 2021. Salah satunya melalui penyerahan secara simbolis bantuan TelkomGroup Berbagi berupa bantuan bedah panti asuhan dan pesantren, santunan anak yatim, dan santunan duafa. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Ribuan Siswa SD Tidak Bisa Login Simulasi ANBK

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:07 WIB
X