Sebaran Kotak Amal di Cianjur Digunakan Kegiatan Teroris?

- Selasa, 30 Maret 2021 | 19:40 WIB
Ilustrasi Kotak Amal.
Ilustrasi Kotak Amal.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Keberadaan kotak amal yang tersebar di mini market atau rumah makan tidak terkordinasi dengan lembaga resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur. Kotak-kotak amal itu atas yayasan sendiri-sendiri.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan pada Baznas Kabupaten Cianjur, Taufik Misbahudin, perihal adanya dugaan pembiayaan teroris. Salah satunya diduga melalui kotak amal oleh kelompok tertentu atas nama yayasan.

“Kita tidak tahu tentang keberadaan kotak amal yang tersebar di mini market atau rumah makan, karena mereka itu berjalan sendiri,” ujar Taufik Misbahudin, Selasa  (30/3/2021).

Taufik menjelaskan, biasanya penyimpanan kotak amal yang tersebar di rumah makan atau mini market itu sesuai dengan kesepakatan antar kedua belah pihak.

“Kalau kita di Baznas itu, semua kotak amal tercatat secara administrasi dan terlaporkan mulai dari jumlah hingga penyalurannya, kalau di luar itu tidak tanu,” tegasnya.

Bahkan, Baznas tidak tahu jumlah kotak amal yang tersebar di Cianjur dan tidak mempunyai kewenangan untuk melalukan razia. 

“Kita tidak tahu keberadaan kotak amal tersebut, apalagi sampai jauhnya dipergunakan untuk hal-hal negatif. Kalau urusan penertiban bukan urusan kita lagi, tetapi pihak kepolisian,” tanfasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X