Pertengahan Tahun, Cianjur Bakal Gelar Pilkades Serentak

- Jumat, 26 Maret 2021 | 19:06 WIB
Ilustrasi -- Pilkades.
Ilustrasi -- Pilkades.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 77 kepala desa yang tersebar di 25 kecamatan akan mengadakan Pilkades serentak, lantaran tahun depan sudah habis masa jabatannya.

“Tahun depan tepatnya Juli 2022 akan digelar pesta demokrasi tingkat desa, karena sudah habis masa jabatannya,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, pada wartawan (26/3/2021).

Meski direncanakan Juli tahun depan akan digelar Pilkades serentak, Danial mengatakan, pihaknya tetap menunggu arahan dan instruksi pimpinan daerah.

“Sudah dipastikan digelar tahun depan, namun mengenai waktu pelaksanaan masih meninggu intruksi dari Bupati,” ujarnya.

Perihal anggaran pelaksanaan Pilkades serentak, Pemerintah Kabupaten Cianjur tetap akan memberikan subsidi dana dari APBD Kabupaten Cianjur.

“Sesuai dengan Perda Nomor 11 tahun 2019, alokasi dasar dianggarkan sebesar Rp20 juta per desa yang melaksanakan Pilkades ditambah Rp5 ribu per jiwa dikali hak pilih," ungkapnya.

Pelaksanaan teknisnya tidak berbeda dengan Pilkades serentak sebelumnya, yakni tahapan Pilkades diawali dengan pembentukan Panitia Pilkades. Dilanjutkan dengan berbagai bimbingan teknis pembekalan para Panitia Pilkades.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan tahapan pendaftaran bakal calon, penjaringan, hingga proses penetapan bakal calon menjadi calon. Berkaitan dengan jumlah calon kepala desa, aturan mensyaratkan minimal dua orang.

“Kalau hanya calon tunggal, maka Panitia Pilkades berhak membuka kembali pendaftaran,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X