Jabar-Unpad Kolaborasi Bangun Rumah Sakit Pendidikan

- Kamis, 11 Maret 2021 | 20:10 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat pembahasan rencana RS Pendidikan UNPAD di Kampus UNPAD Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/3/2021).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat pembahasan rencana RS Pendidikan UNPAD di Kampus UNPAD Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/3/2021).

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjalin kemitraan dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam pembangunan Rumah Sakit Pendidikan di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, saat ini, Provinsi Jabar membutuhkan sekitar 25 rumah sakit baru untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. 

"Saya sudah hitung Jawa Barat itu minimal butuh 25 rumah sakit baru. Jika kita mau menang lagi bila terkena pandemi, puskesmas kita itu dari 1000, minimal naik 7000," kata Kang Emil sapaan --Ridwan Kamil.

Selain menjalin kemitraan dengan Unpad, menurut Kang Emil, pihaknya bermitra dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kang Emil pun berharap pembangunan rumah sakit UNPAD dapat dipercepat. Ia mengaku ikut mengusulkan tempat penginapan bagi keluarga pasien dan pusat studi pandemi COVID-19 dalam desain rumah sakit tersebut.

"Saya akan sangat bangga jika dalam dua tahun pembangunan bisa beres," tuturnya.

Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan direncanakan dilakukan dalam dua tahap. Dimulai pembangunan Tahap I pada 2021-2023 untuk beroperasi menjadi Rumah Sakit Umum (transisi ke Rumah Sakit Pendidikan). Pembangunan Tahap 2 pada 2024-2027 untuk beroperasi menjadi Rumah Sakit Pendidikan.

Untuk pembangunan Tahap I, diusulkan pendanaan kemitraan dengan Jabar. Tahap 2, sumber dana diusulkan dengan KPBU atau mix funding.

Rencananya, Rumah Sakit Pendidikan akan dibangun di kawasan kampus Unpad Jatinangor, dekat dengan jalan provinsi dan akses tol. Lokasi yang telah disiapkan untuk pembangunan Rumah Sakit ini seluas 41.868 meter persegi.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X