Sempat di Posisi Buncit, Kota Tasikmalaya Kini Terdisiplin Pakai Masker

- Rabu, 17 Februari 2021 | 09:51 WIB
Ilustrasi warga pakai masker.
Ilustrasi warga pakai masker.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kota Tasikmalaya yang sempat masuk dalam katagori daerah tidak patuh dalam disiplin protokol kesehatan (prokes) mengenai memakai masker dan menjaga jarak. Kini kota berjuluk Kota Santri ini menjadi salah satu daerah yang paling patuh prokes.

Bersama tujuh daerah lainnya yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kota Bogor, dan Kota Depok, Kota Tasikmalaya dinilai paling patuh dalam penggunaan masker.

Sementara untuk tingkat kepatuhan dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama periode 8-14 Februari 2021, terdapat lima daerah dengan persentase di atas 91% yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya, seperti yang dirilis oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Senin (15/2/2021).

Menanggapi Kota Tasikmalaya yang naik peringkat dari tidak patuh memakai masker dan menjaga jarak menjadi daerah paling patuh dalam disiplin prokes, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, peningkatan rangking tersebut sebagai bukti bahwa memang masyarakat Kota Tasikmalaya sudah mulai taat dan patuh terhadap prokes.

"Alhamdulillah, berkat semua pihak yang secara masif menyosilaisasikan protokol kesehatan terutama memakai masker dan menjaga jarak kepada masyarakat, sekarang kita naik peringkat tidak lagi berada pada kelompok daerah yang tidak patuh memakai masker dan menjaga jarak," ujar Yusuf, seperti dilaporkan Ayotasik.com, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, hal tersebut tidak akan tercapai bila hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Kerjasama dengan semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

"Ini artinya sekarang ada penilaian yang lebih baik dari yang terdahulu. Ini juga berkat semua peran serta masyarakat yang disiplin dalan menggunakan masker dan menjaga jarak. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan oleh semuanya," ucap Yusuf.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X