Cerita Petugas Pemakaman Covid-19 di Tasikmalaya, Makamkan 8 Jenazah Sehari

- Rabu, 20 Januari 2021 | 18:46 WIB
Petugas pemakaman jenazah positif Covid-19
Petugas pemakaman jenazah positif Covid-19

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM --  Pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah perkara yang mudah. Para petugas harus benar-benar paham akan protokol Covid-19 dalam pelaksanaan pemakaman agar aman bagi petugas, masyarakat, dan lingkungan.

Di Kota Tasikmalaya, petugas pemakaman jenazah Covid-19 merupakan gabungan dari sejumlah pegawai dari beberapa instansi, seperti dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Perawaskim, dan Dinas Kesehatan.

"Kami tim pemakaman jenazah selalu berkoordinasi dengan pihak rumah sakit di mana pasien tersebut di rawat sebelum dimakamkan," ujar Manajer Pusdalops BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman, Rabu (20/1/2021).

Menurut Harisman, pihaknya juga memastikan terlebih dahulu jenazah yang akan dimakamkan itu benar-benar aman dengan dilakukan pemulasaraan sesuai dengan protokol Covid-19.

Seusai mendapat laporan pasien yang meninggal, pihaknya berkoordinasi dengan semua tim yang terlibat baik dari dinas perawaskim, dinas kesehatan, BPBD termasuk TNI Polri.

"Kami lalukan terlebih dahulu penyemprotan sebelum dimakamkan dan jalur yang dilintasi jenazah. Lokasi pemakaman juga dilakukan disinfeksisasi sebelum pihak keluarga melakukan doa di makam," ucapnya.

Ia menuturkan, data yang diterima dan yang sudah dimakamkan sudah lebih dari 90 jenazah. Orang meninggal tidak semua dari yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ada juga yang probabel yang nambah dan memiliki komorbid atau riwayat penyakit cukup berat.

"Pernah melakukan pemakaman selama 1 kali 24 jam itu sebanyak 8 orang. Kalau dirata-ratakan ada 2 orang yang meninggal per hari dalam beberapa minggu ini," ucapnya.

Ia menyebut, suka duka selama menjalankan tugas memakamkan jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 cukup banyak. Salah satunya soal akses jalan ke lokasi pemakaman khsusus Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Aisya Rasida di Tamansari. Jika turun hujan jalanan becek dan licin.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X