24 Petugas KPPS Indramayu Tak Bertugas Usai Terpapar Covid-19

- Selasa, 8 Desember 2020 | 14:17 WIB
Ilustrasi pelipatan surat suara untuk Pilkada 2020.
Ilustrasi pelipatan surat suara untuk Pilkada 2020.

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM --Menjalang Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Indramayu, sebanyak 24 orang kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) di Kabupaten Indramayu tak dapat bertugas setelah terkonfirmasi Covid-19.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Indramayu, Pitrahari mengungkapkan, ke-24 petugas KPPS itu kini menjalani karantina mandiri. Meski berkurang, pihaknya tak melakukan penggantian atas petugas yang terkonfirmasi Covid-19 itu.

"Tidak ada penggantian petugas karena mereka berasal dari TPS yang berbeda," katanya, seperti dilaporkan Ayocirebon.com, Selasa (8/12/2020).

Sedianya, setiap TPS berisi 7 petugas KPPS dan 2 anggota Linmas. Bila terdapat salah seorang petugas yang tak bisa menjalankan kewajibannya, petugas yang ada harus mengoptimalkan tugasnya.

Namun, lanjutnya, bila ditemukan 2 petugas dalam 1 TPS terkonfirmasi Covid-19, yang bersangkutan akan digantikan petugas lain.

"Ini kan yang positif seorang saja dari 1 TPS, maka tidak ada penggantian," ujarnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menyebutkan, ke-24 petugas KPPS itu terkonfirmasi positif setelah menjalani tes rapid.

"Hasil rapid test mereka reaktif, lalu diambil sampel untuk swab test (tes usap) dan hasilnya positif," terang Deden yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

Dia pun memastikan, para pasien menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing sampai rumah sakit rujukan siap.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X