Kasus HIV/AIDS di Cianjur Turun Drastis

- Selasa, 1 Desember 2020 | 20:01 WIB
Ilustrasi -- HIV/AIDS.
Ilustrasi -- HIV/AIDS.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Kasus positif HIV/AIDS di Kabupaten Cianjur pada tahun ini turun drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1.369 kasus. Terhitung Januari hingga Oktober 2020, tercatat hanya 136 kasus.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan meski ada penurunan, tapi masih ada dua bulan lagi yang belum terhitung.

“Pada tahun ini, terhitung hingga Oktober terdapat 136 kasus. Dibandingkan dengan jumlah kasus tahun lalu ada penurunan kasus,” ujar Yusman pada Ayobandung.com, Selasa (1/12/2020).

Yusman menjelaskan, agar bisa menekan angka kasus HIV/AIDS, Dinkes Kabupaten Cianjur terus memperbanyak screening dan pemeriksaan. Targetnya benar-benar mencerminkan realita di lapangan.

"Harus diperhatikan, nantinya jangan sampai ada kesenjangan antara target dan realitas. Target prioritasnya adalah LSL (Lelaki Suka Lelaki), penderita TB (Tubercolosis), dan Ibu hamil. Itu target yang harus dicapai tahun ini," terangnya.

Sosialisasi, ungkap Yusman, dan kampanye massal terkait bahaya HIV/AIDS pun terus dilakukan. Bersamaan dengan Hari AIDS Sedunia, bisa menjadi ajang kampanye yang baik.

"Hari AIDS sedunia menjadi momentum tindakan dan screening di semua wilayah di Cianjur,” jelasnya. 

Yusman mengimbau masyarakat bisa lebih waspada terhadap penyakit ini. Pihaknya pun berharap, keluarga di Cianjur bisa membimbing anak remajanya agar tidak terjerumus hal yang negatif.

"Tidak kalah pentingnya agar masyarakat tidak mendiskriminasi ODHA. Jika ada ODHA, diimbau agar tidak mendiskriminasi, menjauhi, dan mengucilkan. Karena AIDS tidak menular saat berdekatan, tapi harus ada pencampuran cairan darah," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Vaksin Booster Cianjur Diberikan Mulai Hari Ini

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:07 WIB

Tabrakan Beruntun di Bogor, Ini Kata Saksi Mata

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:22 WIB

Dua Strategi Jabar Antisipasi Lonjakan Varian Omicron

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:45 WIB

Jangan Tanyakan Hal Ini kepada Bupati Cianjur

Jumat, 14 Januari 2022 | 14:34 WIB
X