3 Wilayah yang Akan Gelar Pilkada Masuk Zona Merah Jabar

- Rabu, 18 November 2020 | 13:05 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak.
Ilustrasi Pilkada Serentak.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 3 daerah di Jawa Barat (Jabar) yang akan menggelar Pilkada, kini masuk zona merah Covid-19. Ketiganya yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bandung.

"Ada tiga daerah yang melaksanakan pilkada di minggu ini, bersamaan dengan status zona merah. Ini harus diwaspadai," ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (17/11/2020).

Pilkada serentak rencananya akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang. Ada delapan wilayah Jabar yang menggelarnya, yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok.

Pekan ini, sebanyak 7 daerah masuk dalam kategori zona merah alias zona resiko tinggi selepas libur panjang awal November. Di periode sebelumnya, hanya ada tiga daerah yang masuk zona merah.

"Ada penambahan zona merah pascalibur panjang yang cukup signifkan. Tadinya hanya ada tiga daerah, sekarang naik jadi tujuh. Mohon diwaspadai untuk wilayah-wilayah ini," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasik, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Cimahi. 

Selain itu, ia juga mengumumkan kota/kabupaten di Jabar yang dinilai memiliki kinerja baik dalam penanganan Covid-19. Kinerja tersebut dihitung dari indikator pengetesan, tracing kasus Covid-19, treatment, pencegahan, kinerja pemerintahan dan hasil penanganan.

"Rankingnya yang paling baik adalah Kota Bekasi. Meskipun zona merah namun sebenarnya penanganan Covid-19 di wilayah tersebut sudah baik," ungkapnya.

Peringkat berikutnya secara berturut-turut diraih oleh Kabupaten Ciamis, Kota Sukabumi, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X