Cianjur Siap Laksanakan Asesmen Nasional Pengganti UN

- Kamis, 12 November 2020 | 22:39 WIB
Ujian Nasional (UN).
Ujian Nasional (UN).

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur menyatakan kesiapannya menjalankan Asesmen Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Cupi Kanigara mengatakan digantinya UN dengan AN merupakan salah satu kebijakan pemerintah pusat.

“AN ini merupakan salah satu instrumen untuk mengukur murid guru dan kepala sekolah," kata Cupi pada Ayobandung.com, Kamis (12/11/2020).

Pada pelaksanaanya, jelas Cupi, ukuran AN ini adalah literasi numerasi dan survei karakter. Kemudian untuk guru dan kepala sekolah yang diukur itu adalah survei lingkungan belajar. 

"Nantinya akan hasil belajar kognitif kemudian manfaat belajar sosial emosional terkait dengan survei karakter. Kognitif kaitan dengan survei literasi dan numerasi sedangkan karakter menghasilkan sosial emosional," katanya.

Kemudian, lanjut Cupi, survei lingkungan belajar nanti akan menghasilkan karakteristik input dan proses pembelajaran untuk merumuskan hipotesis tentang tinggi rendahnya output pembelajaran di sekolah.

"Keunggulan asesmen ini bukan diukur dari anak didik, melainkan kualitas sekolah. Lantaran, sekolah itu yang paling bertanggung jawab adalah kepala sekolah tinggi rendahnya kualitas tersebut kepala sekolah nanti yang bertanggung jawab," ungkapnya.

Dia menjelaskan pelaksanaan AN ini semuanya berbasis komputer. "Bulan depan seluruh perangkat SMP akan diadakan pelatihan khusus di Cianjur," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X