Warga Babakan Garut Cianjur Keluhkan Eceng Gondok di Waduk Cirata

- Selasa, 3 November 2020 | 20:40 WIB
Eceng Gondok di Waduk Cirata.
Eceng Gondok di Waduk Cirata.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Eceng gondok di Sungai Citarum tepatnya di Kampung Babakan Garut Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang, cukup menganggu aktivitas warga. Warga berharap program Citarum Harum bisa mengatasi masalah eceng gondok secepatnya.

Tokoh pemuda Desa Kertajaya, Yuyun Yunardi mendapat keluhan dari warga mengenai keberadaan eceng gondok yang sangat menganggu. Beberapa kali dilaporkan tapi tidak ada tindak lanjut.

“Saya mewakili warga Kampung Babakan Garut mendukung program Citarum Harum, tapi tolong dengarkan dan tindaklanjuti laporan warga,” ujar Yuyun pada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Yuyun menuturkan, keberadaan eceng gondok saat ini mengganggu warga yang beraktivitas di Sungai Citatum. Di antaranya, petani ikan di kolam jaring apung maupun warga atau sopir perahu mesin yang akan menjalankan aktivitasnya di perairan Waduk Cirata

"Saya mewakili warga dan juga warga asli Babakan Garut, prihatin ketika melihat hamparan eceng gondok seolah dibiarkan begitu saja baik itu oleh pihak-pihak yang terkait," ujarnya.

Alangkah baiknya, ungkap Yuyun, jika tim dari program Citarum harum lebih mengutamakan penertiban atau pemeliharaan perairan Waduk Cirata dengan memberantas eceng gondok. 

"Eceng gondok bukanlah sampah, artinya bisa dimanfaatkan jika dikelola dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ini Identitas Mayat yang Ditemukan Gosong di Cianjur

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15 WIB

Omicron Jabar Capai 33 Kasus, Terbanyak di Daerah Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:15 WIB

Pemkab Cianjur Darurat Kepala Sekolah Dasar

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:23 WIB

Harga Minyak Goreng di Cianjur Masih Belum Stabil

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:49 WIB

Warga Cianjur Maafkan Arteria Dahlan, tapi ...

Jumat, 21 Januari 2022 | 06:30 WIB
X