Survei: 64% Responden tak Setuju Jabar Jadi Provinsi Sunda

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 20:26 WIB
Ketua Umum Paguyuban Pasundan Korwil 2 Bogor Abah Ruskawan
Ketua Umum Paguyuban Pasundan Korwil 2 Bogor Abah Ruskawan

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Ketua Paguyuban Pasundan Korwil 2 Bogor Abah Ruskawan mengungkapkan hasil survei yang dilakukan Universitas Pasundan Bandung terhadap sejumlah warga Jawa Barat terkait pergantian nama menjadi Provinsi Sunda.

“Hasilnya menunjukkan tidak setuju adanya pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda, tapi sebagian ada yang setuju dengan nama lain,” kata Abah Ruskawab pada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Jumat (23/10/2020).

Lebih jelasnya, berdasarkan survei terhadap 516 orang responden dengan pertanyannya apakah setuju dengan nama Provinsi Sunda, sebanyak 64% responden menjawab tidak setuju, sisanya 36% setuju.

Dilanjutkan dengan pertanyaan, apakah menurut saudara nama Provinsi Jawa Barat masih harus dipertahankan, dari 432 responden menjawab iya 66%, tidak 34%.

Menurut Abah Ruskawan, hasil tersebut menandakan adanya ketidaksetujuan terhadap pergantian nama Provinsi Jawa Barat. Kalaupun diganti, kata Abah, tidak setuju dengan nama Provinsi Sunda.

“Kalau secara pribadi saya setuju dengan rencana pergantian nama provinsi, hanya saja penggantinya tidak dengan nama Sunda, karena ada daerah yang tidak setuju seperti Bogor, Cirebon maupun Indramayu,” tuturnya.

Abah Ruskawan memberikan altenatif dengan nama pengganti lain, misalkan Provinsi Pasundan, Provinsi Pajajaran, dan Provinsi Parahyangan.

“Ketiga nama tersebut saya kira bisa lebih diterima,” singkatnya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X