Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Cirebon Diyakini Meningkat pada Triwulan III

- Kamis, 20 Agustus 2020 | 11:18 WIB
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua dari kanan) menerima uang pecahan Rp75.000 yang diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, Bakti Artanta (kasus dari kiri).
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua dari kanan) menerima uang pecahan Rp75.000 yang diserahkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, Bakti Artanta (kasus dari kiri).

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Pemkab Cirebon dan Bank Indonesia optimistis pertumbuhan ekonomi akan positif pada triwulan III.

Bank Indonesia menyatakan kesiapannya membantu Pemkab Cirebon untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui program peningkatan kapasitas.

"Salah satu dukungan BI terkait pemasaran produk milik UMKM secara digital," ungkap Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.

Dalam menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Cirebon, pihaknya sendiri kini tengah membenahi beberapa hal, di antaranya kemudahan investasi.

Untuk ini, pihaknya telah bertemu dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk membahas masalah tata ruang di Kabupaten Cirebon.

Pihaknya pula melibatkan ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membuat pola ruang di Kabupaten Cirebon.

"Kita berusaha mempermudah investasi masuk di Kabupaten Cirebon," cetusnya.

Selain tata ruang, pembenahan internal pun dilakukan pihaknya. Imron memandang, evaluasi internal sebagai hal penting dilakukan di antara seluruh pembenahan yang tengah dilakukan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, Bakti Artanta menyebut optimismenya atas pertumbuhan ekonomi pada triwulan III ini.

"Pada triwulan II lalu, pertumbuhan ekonomi secara nasional turun hingga minus 5,3%," katanya.

Sementara, di Jawa Barat, pertumbuhan ekonomi minus 5,89%. Namun, pihaknya optimistis pertumbuhan ekonomi positif pada triwulan III ini karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tak lagi diberlakukan.

Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diharapkan dapat membuat masyarakat lebih produktif dan berkembang.

"Selain produktif, kami berharap tetap menjaga keamanan dan kesehatan diri. Kalau tidak, nanti bisa kembali PSBB," tandasnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X