#TerusUsaha, Inisiasi Grab Indonesia Majukan UMKM Jabar di Tengah Pandemi

- Kamis, 6 Agustus 2020 | 13:17 WIB
#TerusUsaha, Inisiasi Grab Indonesia Majukan UMKM Jabar di Tengah Pandemi
#TerusUsaha, Inisiasi Grab Indonesia Majukan UMKM Jabar di Tengah Pandemi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Tak sedikit yang penghasilannya tergerus bahkan berujung gulung tikar.

Untuk mempertahankan geliat UMKM di Indonesia termasuk Jawa Barat, Grab Indonesia meluncurkan serangkaian inisiasi yang tergabung dalam program #TerusUsaha. Program tersebut menyasar para pelaku UMKM agar dapat memaksimalkan digitalisasi sehingga usahanya dapat terus berkembang di tengah pandemi.

Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya menyebutkan, terdapat enam inisiasi yang digagas pihaknya untuk memajukan UMKM di Jabar dan Indonesia. Mulai dari pelatihan hingga peluang wirausaha digital.

"Di era new normal saat ini hal yang bisa memastikan UMKM dapat terus bertahan adalah digitalisasi. Tapi masih banyak UMKM yang belum menyentuh digital, maka dari itu kami sangat menyarankan pelaku UMKM untuk bergabung ke platform digital untuk maju dan bertahan bersama-sama," ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Kamis (6/8/2020).

Ia mengatakan, dari enam inisiasi tersebut, dua di antaranya dikhususkan untuk UMKM di Jabar. Kedua inisiasi tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar dan Kabupaten Bandung.

"Pertama ada pelatihan dan upaya digitalisasi pada puluhan ribu UMKM yang dibina Disperindag Jabar. Pelatihan ini berlangsung gratis dalam satu kali sesi mendalam, membahas apa itu digitalisasi," ungkapnya.

Inisiasi kedua adalah sosialisasi kepada para pedagang dan pelaku pasar, bekerjasama dengan Disperindag Kabupaten Bandung. Tujuannya adalah untuk memberi paparan informasi kepada para pedagang pasar tradisional mengenai keberadaan layanan digital.

"Sehingga para pedagang pasar dapat mengetahui adanya layanan-layanan digital yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis mereka," ungkapnya.

Selain itu, inisiasi lainnya yang tengah dijalankan adalah pemberian layanan iklan gratis bagi para pelaku UMKM dan pedagang pasar. Hal ini dilakukan dengan memberi ruang beriklan di media sosial dan saluran digital yang dimiliki Grab.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Ribuan Siswa SD Tidak Bisa Login Simulasi ANBK

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:07 WIB
X