LIPI Tegaskan Kebun Raya Cibodas Tidak Dijual pada Pihak Asing

- Senin, 20 Juli 2020 | 12:59 WIB
Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, DR. R. Hendrian M.Sc saat memberikan keterangan di depan guesthouse
Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, DR. R. Hendrian M.Sc saat memberikan keterangan di depan guesthouse

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Hendrian membantah berbagai isu. Salah satunya yang menyebutkan kalau Kebun Raya Cibodas di Kabupaten Cianjur sudah dijual ke pihak asing.

“Sudah banyak isu berkembang sejak kami dari LIPI bekerjasama dengan pihak swasta dalam pengelola secara komersil Kebun Raya Cibodas, saya tegaskan semua itu tidak benar,” tegas Hendrian pada Ayobandung.com saat ditemui di Kebun Raya Cibodas, Senin (20/7/2020).

Berbagai isu yang berkembang di masyarakat, di antaranya pemerintah pusat melalui LIPI sudah menjual Kebun Raya Cibodas kepada pihak asing. Bahkan kabar tidak benar menyebutkan sejumlah titik konservasi akan dijadikan waterboom dan arena permainan.

“Pemerintah pusat melalui Kepala LIPI tidak berpikiran dan tidak melakukan isu yang sudah berkembang. Tidak ada yang berubah dari Kebun Raya Cibodas, masih tetap fokus pda riset, penelitian dan konservasi tumbuhan,” jelasnya.

Perihal kerjasama dengan pihak swasta, dalam hal ini PT Mitra Natuna Raya (MNR), Hendrian menjelaskan bahwa penentuan mitra kerja itu tidak begitu saja. Ada komitmen yang dibangun kaitannya dengan segala yang berkaitan dengan misi dan visi LIPI di Kebun Raya Cibodas.

“Kami orang di LIPI itu diajarkan soal riset dan konservasi, tidak kapasitasnya memanajemen sebesar dan seluas Kebun Raya Cibodas, makanya kami bermitra dengan MNR yang mampu mengelola secara komersil tanpa mengganggu apa yang LIPI lakukan,” katanya.

Sementara itu Plt GM PT Mitra Natuna Raya Zaenal Arifin menjelaskan pengelolaan kerjasama sudah berlangsung sejak Januari 2020, berjalan dua bulan sempat terhenti karena pandemi Covid 19.

“Saya mewakili PT MNR membenarkan apa yang dikatakan Pak Hendrian, bahwa kami hanya sabatas pengelolaan wisata tanpa mengganggu apa yang dilakukan LIPI di Kebun Raya Cibodas,” tutur Zaenal Arifin pada Ayobandung.com.

Zenal menjelaksan, mulai 7 Juli kemarin Kebun Raya Cibodas sudah dibuka kembali. Plt Bupati Cianjur Herman Suherman yang membuka langsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Ini Identitas Mayat yang Ditemukan Gosong di Cianjur

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15 WIB

Omicron Jabar Capai 33 Kasus, Terbanyak di Daerah Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:15 WIB

Pemkab Cianjur Darurat Kepala Sekolah Dasar

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:23 WIB

Harga Minyak Goreng di Cianjur Masih Belum Stabil

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:49 WIB

Warga Cianjur Maafkan Arteria Dahlan, tapi ...

Jumat, 21 Januari 2022 | 06:30 WIB
X