Belum Dapat Kabar dari Arab Saudi, Ibadah Haji 2020 Terancam Batal

- Jumat, 29 Mei 2020 | 12:06 WIB
Plt Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Handiman Romdony. (Istimewa)
Plt Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Handiman Romdony. (Istimewa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat belum mendapatkan arahan lebih lanjut mengenai tata laksana pelaksanaan ibadah bila skema new normal dilaksanakan. Termasuk untuk pelaksanaan ibadah haji 2020.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Handiman Romdony mengatakan, untuk pelaksanaan ibadah haji, pihaknya belum mendapat keputusan resmi dari otoritas Arab Saudi mengenai aturan ibadah haji 2020. Bila belum ada keputusan hingga awal Juni, maka kemungkinan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dibatalkan.

"Kami belum menerima keputusan dari otoritas Arab Saudi. Bila sampai awal Juni belum ada keputusan dari Arab Saudi, maka kemungkinan ibadah haji tidak dapat dilaksanakan. Meskipun kami tidak berharap demikian," ungkapnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (28/5/2020).

Meski demikian, dia mengatakan, hal-hal yang berkaitan dengan teknis operasional pelaksanaan ibadah haji akan tetap dilakukan. Hal tersebut meliputi manasik haji hingga proses pelunasan biaya jamaah.

"Manasik haji akan dilakukan via media sosial, proses pelunasan tetap dilaksanakan. Sehingga bila pada waktunya (ibadah haji) bisa terlaksana, insyaAllah Jabar siap mengirimkan jamaah haji ke tanah suci," ungkapnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

BumDes Subang Borong Penghargaan bjb Bungah

Selasa, 7 Desember 2021 | 05:34 WIB

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB
X