Duh! Pusat Isolasi ODP dan PDP Kabupaten Bogor Kekurangan Tim Medis

- Selasa, 19 Mei 2020 | 10:26 WIB
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin. (Ayobogor.com/ Husnul Khatimah)
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin. (Ayobogor.com/ Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pusat isolasi bagi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 yang berada di Kecamatan Kemang masih kekurangan tenaga medis.

"Sudah kita lakukan rekrutmen dari mulai relawan, tenaga kesehatan, sampai tenaga kebersihan. Sebenarnya masih rekrut," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu pada Selasa (19/5).

AYO BACA : Warga Bogor Sesaki Pasar Anyar, Satu Akses Jalan Akhirnya Ditutup

Ia mengatakan bahwa saat ini ada tiga dokter, 14 perawat, dan 20 tenaga kebersihan yang bertugas di pusat isolasi ODP-PDP di Kecamatan Kemang. Jumlah tersebut, menurut dia, masih jauh dari kebutuhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan idealnya dibutuhkan 240 tenaga medis untuk memberikan pelayanan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri di Kecamatan Kemang yang difungsikan sebagai fasilitas isolasi.

AYO BACA : 4 Orang Reaktif Covid-19 di Pasar Anyar Bogor

"Membutuhkan 28 dokter umum, delapan dokter spesialis, dan 212 paramedis," kata Mike.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di fasilitas isolasi.

Pusat isolasi khusus bagi ODP dan PDP di Kecamatan Kemang yang diresmikan Senin (18/5) memiliki 84 tempat tidur. Sebanyak 64 tempat tidur di lantai bawah diperuntukkan bagi ODPdan 20 tempat tidur digunakan untuk PDP.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB

Waduh, Pasangan Nikah Siri Didominasi Orang Kota

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:26 WIB
X