Pemkot Cirebon Mulai Kenalkan 'A New Normal Life'

- Senin, 18 Mei 2020 | 12:20 WIB
Petugas menyosialisasikan ketentuan PSBB kepada pedagang di luar pengecualian yang bersikeras berjualan di sekitar PGC, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. (istimewa)
Petugas menyosialisasikan ketentuan PSBB kepada pedagang di luar pengecualian yang bersikeras berjualan di sekitar PGC, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. (istimewa)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Cirebon disertai kampanye 'a new normal life' di tengah pandemi Covid-19. Pada PSBB Tahap 2, konsep 'a new normal life' yang disampaikan oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Ia menuturkan, sesungguhnya konsep 'a new normal life' berupa penerapan pola hidup sehat yang kembali digenjot. Kali ini, keberimbangan sektor ekonomi beroleh porsi atensi lebih besar. Otoritas penanganan Covid-19 Kota Cirebon berencana mengajukan PSBB Tahap 2 mulai 20 Mei 2020. Tahap 1 sendiri telah diterapkan pada 6-19 Mei 2020.

"Gugus Tugas Covid-19 Kota Cirebon memutuskan memperpanjang PSBB 14 hari ke depan, mulai 20 Mei 2020," kata Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Perpanjangan PSBB didasarkan situasi di Jawa Barat sebagaimana hasil pengamatan Pemprov Jabar. Kota Cirebon termasuk zona kuning, namun dikerubungi sebagian daerah lain yang berzona merah.

AYO BACA : Saran untuk Hadapi New Normal

Azis menilai, kepatuhan publik selama PSBB 1 yang masih rendah, secara khusus menjadi pertimbangan pihaknya untuk lebih menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Bila tidak ditekan melalui perpanjangan PSBB, dia mengaku khawatir Kota Cirebon akan menjadi zona merah.

Sejumlah upaya akan ditingkatkan pada PSBB 2, salah satunya menyosialisasikan konsep 'a new normal life'. Konsep ini sejatinya berupa penerapan pola hidup sehat, yang utamanya bentuk pencegahan terhadap Covid-19.

Dalam konsep ini, masyarakat akan dibuat semakin terbiasa dengan social/physical distancing (jaga jarak sosial/fisik), mengenakan masker kala beraktivitas, sering mencuci tangan dengan sabun dan cairan antiseptik lain, hingga lebih sering berada di rumah.

Azis memastikan, a new normal life akan terus disosialisasikan kepada masyarakat. Selama vaksin Covid-19 belum ditemukan, upaya-upaya itu dinilai yang terbaik untuk dilakukan saat ini.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB

Waduh, Pasangan Nikah Siri Didominasi Orang Kota

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:26 WIB
X