Wali Kota Sebut Data DTKS di Bekasi Belum Valid

- Minggu, 3 Mei 2020 | 11:17 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (ayobekasi.net/Ananda MF)
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (ayobekasi.net/Ananda MF)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di wilayahnya belum valid.

Hal itu lantaran banyak ditemukan ketidaksesuain dengan fakta yang ada di lapangan.

“DTKS bisa dikatakan belum valid datanya. Ini karena ada laporan bahwa data tersebut ada yang sudah tiada masih mendapatkan, yang seharusnya diganti dengan nama satu Kartu keluarga,” kata Rahmat dalam keterangannya, Minggu (3/5/2020).

“Selain itu juga ada yang kemungkinan sudah tidak bisa menerima lantaran keluarga tersebut sudah tidak masuk kriteria di PKH (Program Keluarga Harapan), semisal sudah cukup mampu,” lanjutnya.

Lantaran hal tersebut, pria yang akrab disapa Pepen ini berharap penuh pada peran Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) untuk mengecek validasi data warga di lapangan.

“Peran PSM, TKSK, dan PKH inilah yang langsung terjun ke masyarakat dan bisa meng-upgrade data terbaru di lapangan,” ujarnya.

Baru setelah data diperbarui, maka akan ada tindaklanjut ke tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

“Data tersebut bisa dibilang sudah lama. Kalau sudah di-upgrade baru kita laporkan ke provinsi,” kata Pepen.

Informasi saja, bantuan dari Pemprov Jabar dan bantuan dari Kemensos serta presiden ditujukan bagi warga yang berasal dari DTKS. Sementara, bantuan dari Pemkot Bekasi ada yang berasal dari Non DTKS. 

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Bogasari Bantu Kembangkan SMK Pusat Keunggulan

Kamis, 22 September 2022 | 16:15 WIB

Lewat Sistem ANBK Pelajar Dituntut Memiliki Kreativitas

Kamis, 22 September 2022 | 11:15 WIB

Anne Gugat Cerai Dedi Mulyadi, Netizen Bilang Begini

Rabu, 21 September 2022 | 21:17 WIB

Gempa Bumi Garut Selasa Magnitudo 4,0 Terasa di Sukabumi

Selasa, 20 September 2022 | 17:57 WIB
X