Kiat Peringati Hardiknas di Rumah dari Wakil Wali Kota Bekasi

- Minggu, 3 Mei 2020 | 10:51 WIB
Ilustrasi (ayobandung.com)
Ilustrasi (ayobandung.com)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini berbeda dari tahun lalu dimana pandemi Covid-19 saat ini terjadi.

Meski tak ada seremoni khusus, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono memberi beberapa saran agar kita tetap bisa merayakan Hardiknas di rumah saja.

“Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, semisal membaca buku, belajar hal baru, dan mengabdikan ilmu atau berbagi dalam rangka meningkatkan empati kepada sesama pada kondisi seperti ini,” kata Tri dalam keterangannya, Minggu (3/5/2020).

Apalagi, lanjut dia, pendidikan juga bukan tugas guru semata. Orang tua dan peran guru di sektor informal seperti tokoh agama pun tak bisa dianggap remeh.

“Orang tua di rumah itu punya peran dan tanggung jawab yang lebih dari pada gurunya. Kedua adalah pendidikan itu bukan melulu tentang akademik. Semua kejadian yang kita alami dimanapun merupakan tempat belajar,” ujarnya.

Lebih dari itu, Tri juga mendorong dunia industri agar dapat bersinergi dengan kalangan civitas akademika atau lembaga pendidikan dalam menghadapi peluang dan tantangan revolusi 4.0.

“Semakin tinggi partisipasi industri, maka investasi SDM yang berdaya saing akan semakin tinggi, begitu juga dengan infrastruktur di sektor pendidikan,” katanya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Ribuan Siswa SD Tidak Bisa Login Simulasi ANBK

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:07 WIB
X