Lembah Panyaweuyan yang Tak Lagi Hijau karena Kemarau

- Senin, 4 November 2019 | 11:36 WIB
Pemandangan Lembah Panyaweuyan yang gersang di musim kemarau hingga membuat tingkat kunjungan wisatawan menurun. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
Pemandangan Lembah Panyaweuyan yang gersang di musim kemarau hingga membuat tingkat kunjungan wisatawan menurun. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Lembah Panyaweuyan di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, disergap kegersangan dan tak lagi nampak hijau.

Sejauh mata memandang hanya tampak areal persawahan yang hampa tanaman. Angin sejuk khas pegunungan yang bertiup menerbangkan debu lebih banyak dari biasanya.

Musim kemarau tahun ini dikeluhkan sebagian warga setempat. Tanpa air yang memadai untuk mengairi seluruh areal persawahan di sana, musim tanam pun mundur.

Lembah Panyaweuyan selama beberapa tahun terakhir telah menjadi objek wisata primadona Kabupaten Majalengka. Panyaweuyan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Areal persawahan di sana disusun secara berundak dengan metode terasering. Konon, keindahan Panyaweuyan tak kalah dengan pesona alam serupa di Bali.

Sayangnya, di musim kemarau sekarang ini, Lembah Panyaweuyan tampak kering kerontang. Sawah berundak di sana, kini hanya menampakkan gundukan tanah kosong.

AYO BACA : Pengalaman Terbang dan Mendarat di BIJB Kertajati

Seorang warga setempat, Dede Hidayat mengungkapkan, kekeringan tahun ini telah berlangsung hampir delapan bulan.

"Harusnya musim tanam bulan sepuluh (Oktober), bulan sebelas (November) harusnya tanah-tanah kosong ini sudah ditanami. Sekarang (tahun ini) mah ketelatan (terlambat) musim tanamnya," katanya kepada Ayocirebon.com pada Minggu (3/11/2019).

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X