Cegah Bencana Alam, Lingkungan Gunung Geulis Akan Ditata

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 07:48 WIB
Gunung Geulis di Jatinangor, Sumedang. (sumedangtandang)
Gunung Geulis di Jatinangor, Sumedang. (sumedangtandang)

JATINANGOR, AYOBANDUNG.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengatakan rencana penataan lingkungan atau wilayah di Kawasan Gunung Geulis, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, diyakini bisa mengantisipasi terjadinya bencana alam di sekitar kawasan gunung tersebut.

Beberapa rencana penataan lingkungan di sekitar wilayah Gunung Geulis dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan beberapa harapan masyarakat. Salah satunya terkait ancaman bahaya bencana alam, yang saat ini di khawatirkan oleh masyarakat, kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Kamis.

Kemarin, kata Ineu, pihaknya meninjau kondisi Gunung Geulis, sebagai bentuk tindak lanjut aspirasi dari Gabungan Komunitas Peduli Lingkungan Sumedang.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengatakan dari hasil pertemuan pihak perusahaan dengan masyarakat dihasilkan beberapa catatan.

Salah satunya rencana penataan lingkungan dengan melakukan penanaman ribuan pohon di sekitar wilayah Gunung Geulis.

Pihaknya mengapresiasi, atas upaya yang telah ditempuh oleh unsur masyarakat di sekitar wilayah Gunung Geulis dalam upaya penataan lingkungan dan keberlangsungan ekosistem alam di wilayah tersebut.

Menurut dia, dibutuhkan tata kelola yang tepat agar potensi-potensi alam di Jawa Barat dapat dimanfaatkan dan hasilnya secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ineu mengatakan ketika rencana penataan lingkungan di Gunung Geulis berhasil dilakukan maka hal tersebut akan menjadi percontohan bagi penataan lingkungan di daerah lain.

Soroti perizinan

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Isak Tangis Warnai Pemakaman Korban Bentrokan Ormas

Senin, 27 September 2021 | 21:33 WIB

Longsor Terjang Rumah Warga di Galeong Tasikmalaya

Senin, 27 September 2021 | 15:08 WIB

Kantin Sekolah di Cianjur Dilarang Buka, Ini Alasannya

Senin, 27 September 2021 | 12:12 WIB

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB
X