Kota Bogor Sediakan Keran Air Minum Gratis di Sejumlah Titik

- Jumat, 11 Oktober 2019 | 05:43 WIB
Kran Air Siap Minum (KASM) di Lapangan Sempur Kota Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)
Kran Air Siap Minum (KASM) di Lapangan Sempur Kota Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Warga Kota Bogor yang melakukan aktivitas atau sekedar lewat di sekitar kawasan pedestrian Kebun Raya Bogor kini bisa melepaskan dahaga secara cuma-cuma melalui Kran Air Siap Minum (KASM).

Sejumlah titik yang menyediakan KASM di antaranya adalah di area Lapangan Sempur, depan Lippo Plaza Keboen Raya, dan depan Kantor POS Kota Bogor.

KASM merupakan program yang dicanangkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor yang berfungsi sebagai salah satu fasilitas untuk memudahkan masyarakat mendapatkan air siap minum secara gratis.

Ketua KASM sekaligus Zona Air Minum Prima (ZAMP), Rinda Lilianti mengatakan kualitas air minum pada KASM tidak perlu diragukan oleh warga.

“Masyarakat tak perlu ragu untuk meminum air dari KASM, karena kita menggunakan sistem reverse osmosis jadi di alat tersebut menggunakan triple filter dengan isi dan membran yang berbeda," katanya, Kamis (10/10/2019).

Dia menambahkan, pihak laboratorium juga akan rutin melakukan kontrol kualitas air satu bulan sekali. Pengecekan akan dilakukan di setiap minggu ke-2 untuk menjamin kualitas air.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan, Rino Indira mengatakan melalui program ini PDAM ikut berperan aktif untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik di kalangan masyarakat, terutama plastik dari gelas maupun botol air mineral.

“Kami tahu Pemerintah Kota Bogor ingin mengurangi konsumsi sampah plastik, semoga dengan ada KASM seperti ini, sedikit demi sedikit penggunaan air kemasan akan semakin berkurang," kata Rino.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X