Pemkab Fasilitasi Kepulangan 2 TKI Asal Purwakarta

- Kamis, 5 September 2019 | 16:02 WIB
Kepulangan Abdul Karim, TKI asal Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayo Media Network)
Kepulangan Abdul Karim, TKI asal Purwakarta. (Dede Nurhasanudin/Ayo Media Network)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta tengah berupaya memulangkan dua tenaga kerja indonesia (TKI) asal Purwakarta, yakni Tuti Nurhayati dan Abdul Karim. Sebelumnya, video keduanya yang meminta dipulangkan ke tanah air, viral di media sosial.

Tuti merupakan warga Kampung Pasir Karang, RT24/11, Desa Gunung Karung, Kecamatan Maniis. Sementara Abdul Karim merupakan warga Gang Bata Kaum Kidul, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta Kota.

AYO BACA : TKI Asal Purwakarta Minta Tolong Jokowi untuk Dipulangkan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk membantu kepulangan keduanya. "Dapat laporan hari itu juga saya minta instruksikan untuk membantu mengurus kepulangan Tuti," kata Anne, Kamis (5/9/2019).

Anne mengaku, pihaknya akan memberikan fasilitas kepada TKI yang kesulitan kembali ke tanah air. Namun hal tersebut hanya berlaku kepada TKI yang berangkat sebelum dikeluarkannya moratorium yang diberlakukan sejak 2008.

AYO BACA : Jawa Barat Jadi Proyek Percontohan Penempatan TKI ke Arab Saudi

"Wajib fasilitasi tapi yang berangkatnya sebelum moratorium diberlakukan, kan pemda sudah sejak lama keluarkan aturannya dan hari ini tetap berlaku," ujar Anne.

Kepala Disnakertrans Purwakarta Titov Firman mengatakan telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jeddah terkait pengurusan kepulangan Tuti. Dalam sebuah video Tuti diketahui meminta tolong kepada Presiden Jokowi untuk dipulangkan setelah 11 tahun berada di Saudi Arabia.

"Untuk Tuti tim sedang melakukan penelusuran terutama posisinya di mana, langsung koordinasi dengan KBRI dan Konsulat di sana," jelasnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X