'Berlibur' Lintas Komunitas KBB Pungut 105 Ton Sampah Liar

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 14:03 WIB
Puluhan komunitas, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, bahkan lembaga pendidikan secara swadaya bergotong royong memungut sampah liar dalam kegiatan rutin Beberesih Keliling Lembur (Berlibur). (Tri Junari/Ayobandung.com)
Puluhan komunitas, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, bahkan lembaga pendidikan secara swadaya bergotong royong memungut sampah liar dalam kegiatan rutin Beberesih Keliling Lembur (Berlibur). (Tri Junari/Ayobandung.com)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM—Berbagai komunitas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tergabung dalam Lintas href="https://www.ayobandung.com/tag/ Komunitas"> Komunitas KBB memiliki cara tersendiri untuk mengedukasi masyarakat peduli kebersihan.

Melalui kegiatan bertajuk Beberesih Keliling Lembur ( href="https://www.ayobandung.com/tag/Berlibur">Berlibur), setiap akhir pekan puluhan komunitas, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, bahkan kini lembaga pendidikan secara swadaya bergotong royong memungut sampah liar.

Ketua Umum Lintas href="https://www.ayobandung.com/tag/ Komunitas"> Komunitas KBB Rudy Praja memaparkan, gerakan ini digagas lantaran masih rendahnya tingkat kesadaran sebagian masyarakat pada kebersihan lingkungan.

Banyak ditemukan titik sampah liar di berbagai pelosok daerah. Sampah berasal dari konsumsi rumah tangga dan enggan membuangnya ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

AYO BACA : Menteri LHK: Indonesia Jangan Jadi Tempat Sampah Negara Maju

"Gerakan ini menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan turut berkontribusi menyelesaikan permasalahan sampah di href="https://www.ayobandung.com/tag/ KBB"> KBB," ungkap Rudy, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya, banyak titik sampah liar karena kurangnya kepedulian dan pengetahuan warga mengenai pengelolaan sampah sangat rendah.

href="https://www.ayobandung.com/tag/Berlibur">Berlibur dimulai Minggu (6/1/2019). Sejak itu, puluhan komunitas bergerak sebulan sekali melakukan operasi semut. Tercatat, href="https://www.ayobandung.com/tag/Berlibur">Berlibur sudah dilakukan di Kecamatan Parongpong, Lembang, Batujajar, Ngamprah, Cipongkor, Sindangkerta, Saguling, Cipatat, dan Padalarang.

"Awalnya hanya beberapa komunitas yang ada di href="https://www.ayobandung.com/tag/ KBB"> KBB. Tapi sekarang menjadi lebih luas pesertanya, termasuk ormas/LSM dan sekolah-sekolah juga ikut serta. Terakhir di Padalarang ada 65 komunitas terlibat kurang lebih 800 orang yang ikut," paparnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Jawa Barat Diklaim Sudah Bebas dari Zona Oranye

Jumat, 24 September 2021 | 22:27 WIB

UID-Gajah Tunggal Teruskan Sentra Vaksinasi di Karawang

Kamis, 23 September 2021 | 13:09 WIB

22 Persen Pengguna Narkoba Cianjur Didominasi Pelajar

Rabu, 22 September 2021 | 21:24 WIB

Bupati Yakin Cianjur Sudah Layak PPKM Level 1

Rabu, 22 September 2021 | 18:06 WIB

Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Empat Orang Tewas

Rabu, 22 September 2021 | 11:40 WIB
X