39 Pengawas Pemilu di Bekasi Tumbang

- Kamis, 25 April 2019 | 22:54 WIB
Grafis Pemilu
Grafis Pemilu

CIKARANG UTARA, AYOBANDUNG COM -- Sebanyak 39 petugas pengawas pemilu di Kabupaten Bekasi, baik di tingkat kecamatan, kelurahan, desa, dan TPS dinyatakan mengalami kelelahan selama proses pemilu 2019. 
 
Komisioner Bawaslu Kabupaten Bekasi, Koordinator Bidang Pengawasan, Hubal, dan Humas, Akbar Khadafi mengungkapkan, data tersebut dikumpulkan pihaknya tidak lama setelah pencoblosan tanggal 17 April kemarin hingga proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan saat ini. 
 
"Kaitan dengan pendataan yang kita lakukan didaftarkan dari arahan atau intruksi Bawaslu Jawa Barat untuk mendata seluruh jajaran pengawas pemilu yang mengalami musibah," kata Akbar, Kamis (25/4/2019).
 
Akbar menerangkan, berdasarkan data tersebut para pengawas kebanyakan sakit hingga sebagian harus dirawat, namun terdapat juga yang harus menghentikan tugasnya karena kecelakaan saat menurunkan alat peraga kampanye pada masa tenang sebelum pemilu
 
Kebanyakan dari petugas kelelahan saat mengawasi proses hitung suara. Mereka bertugas rata-rata di TPS hingga lewat hari pemungutan suara yakni pada 18 April. Adapun sakit yang diderita antara lain seperti demam, dehidrasi, batuk dan flu, vertigo, nyeri perut, diare, hingga typus. 
 
"Rata-rata kelelahan, termasuk hari ini ada tiga anggota panwascam kita yang dirawat di klinik," tambahnya. 
 
Kendati begitu, sebagian petugas sudah ada yang sembuh dan dapat bertugas kembali di lapangan. Namun, sesuai pendataan yang diminta Bawaslu provinsi, ia mengharapkan bantuan untuk para petugas itu segera datang seperti yang dijanjikan pemerintah provinsi. 
 
"Sejauh ini informasi yang kami dapatkan bahwa Pemerintah Jawa Barat akan mengupayakan bantuan terhadap para penyelenggara yang terkena musibah," katanya. 
 
Dia pun mengimbau kepada para petugas, berikut unsur penyelenggara dari KPU bisa menjaga kesehatan dan tidak memaksakan bekerja bila tidak memungkinkan. Namun dirinya meminta juga Pemkab Bekasi menurunkan tenaga medis untuk mengantisipasi jatuh korban semakin banyak. 
 
"Proses rekapitulasi hingga sekarang, walau banyak rekan kita yang terkena musibah tetap berlangsung dengan baik. Dan doakan kelancaran hingga tugas kita semuanya rampung," pungkasnya. 

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X