Dampak PPDB, Hanya 34% Lulusan SMP di Jabar yang Bisa Diterima SMA Negeri

- Selasa, 23 April 2019 | 17:16 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)
Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA se-Jawa Barat tahun ini kembali akan menggunakan sistem zonasi. Namun, sejumlah permasalahan terkait pemerataan jumlah sekolah masih menjadi tantangan.

Sistem zonasi mengedepankan penerimaan siswa berdasarkan radius kedekatan wilayah antarrumah dan sekolah. Karenanya, tidak adanya href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMA-negeri"> SMA negeri di kecamatan atau daerah tertentu berpotensi memperkecil peluang penerimaan lulusan href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMP"> SMP di daerah tersebut ke href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMA-negeri"> SMA negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika mengatakan, dari total 774 ribu siswa yang akan lulus href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMP"> SMP di Jabar hanya 34% yang akan tertampung di href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMA-negeri"> SMA negeri.

AYO BACA : PPDB SMA 2019, Zonasi Kembali Berlaku di Jabar

"Kami punya data jumlah siswa href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMP"> SMP yang akan lulus ada 774 ribu siswa, kita hanya bisa menampung sekitar 34%-nya di (SMA) negeri," ungkap Dewi ketika ditemui di Gedung Sate, Selasa (23/4/2019).

Selain itu, dia mengatakan, ada 200-an kecamatan di Jabar yang belum memiliki href="https://www.ayobandung.com/tag/-SMA-negeri"> SMA negeri.

"Dari 626 kecamatan, baru 407 kecamatan yang ada sekolahnya. Tapi jumlah sekolahnya mencapai 500 sekian, artinya ada satu kecamatan yang memiliki dua sampai tiga ada sekolah, ada juga yang tidak," ungkapnya.

AYO BACA : PPDB Kota Bandung Kini Dibagi 4 Zonasi, Ini Perinciannya

Dia mengatakan, saat ini masih menunggu petunjuk teknis dan Pergub yang akan turun besok, Rabu (24/4/2019). Namun, Dewi mengaku sistem zonasi ini tidak dibatasi wilayah administrasi.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB

Buruh Cianjur Lumpuhkan Jalan Raya Bandung

Selasa, 23 November 2021 | 11:35 WIB

Adakah WNA di Cianjur Bermasalah? Ini Kata Imigrasi

Senin, 22 November 2021 | 19:57 WIB
X