Jamban Maksimal untuk Membangun Warga Desa Pasegeran

- Jumat, 27 Juli 2018 | 15:21 WIB
Brigjen TNI Binarko Sugihantyo saat meninjau jamban di kediaman Thohid, warga Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.
Brigjen TNI Binarko Sugihantyo saat meninjau jamban di kediaman Thohid, warga Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA, AYOBANDUNG.COM—Kini, warga Desa Pasegeran punya jamban anyar. Terlihat Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi Staf Teritorial Angkatan Darat TMMD Kodim Banjarnegara, Brigjen TNI Binarko Sugihantyo meninjau sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga penerima bantuan jamban.

Thohid (40) adalah salah satu dari 30 warga desa yang berada di Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara yang mendapatkan bantuan jamban. Sementara dua jamban lainnya diperuntukkan bagi umum. Terakhir, satu jamban diperuntukkan bagi tiga kepala keluarga sekaligus.

Thohid sangat berterima kasih kepada TNI melalui Binarko. Dia berharap bantuan jamban itu juga menyasar warga desa tetangga, di mana sepengetahuannya, masih banyak warga di desa itu yang tak mempunyai jamban.

“Mereka menggunakan kebun dan sungai untuk buang hajat,” kata Thohid. Perlu adanya solusi soal hal tersebut, baik itu dalam bentuk penyuluhan dan lainnya.

Untuk itulah, selain membangun jamban, masyarakat juga perlu diberikan penyuluhan tentang Gerakan Masyarakat Sehat alias Germas.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X