TNI Turut Serta Sosialisasikan Germas

- Jumat, 27 Juli 2018 | 08:33 WIB
Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Sri Rahayu saat memaparkan soal Germas di hadapan warga Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.
Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Sri Rahayu saat memaparkan soal Germas di hadapan warga Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA, AYOBANDUNG.COM—Tak hanya pembangunan infrastruktur yang bersifat fisik, program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim Banjarnegara juga menyasaran kegiatan non-fisik. Salah satunya adalah mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat alias Germas.

Dalam sosialisasi ini, didatangkan langsung Sri Rahayu sebagai staf seksi promosi dan pemberdayaan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. “Germas harus dimulai dari yang terkecil, dari keluarga, baru masyarakat untuk membentuk kepribadian,” kata dia.

Fokus dari Germas adalah tiga kegiatan meliputi aktivitas fisik 30 menit per hari, konsumsi buah dan sayur, serta memeriksakan kesehatan secara rutin. Tiga kegiatan itu, kata Sri, dapat dimulai dari diri sendiri. Selain itu, Germas juga bisa dilakukan dengan program berhenti merokok dan alkohol, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan tidak sehat. Dengan adanya germas, diharapkan partisipasi masyarakat untuk hidup sehat bisa meningkat, sekaligus mengurangi beban biaya kesehatan.

Untuk menyukseskan Germas, tentu dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dalam hal ini, TNI, melalui TMMD, tengah membantu pemerintah di beberapa sektor, meliputi 10 unit rehabilitasi rutilahu dan 33 unit jamban di Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X