Bekerja Seperti "Semut" di Desa Pasegeran

- Kamis, 26 Juli 2018 | 14:50 WIB
Warga bersama Satgas TMMD saat bekerja sama merampungkan pembangunan infrastruktur Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.
Warga bersama Satgas TMMD saat bekerja sama merampungkan pembangunan infrastruktur Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA, AYOBANDUNG.COM—Ada empat pelajaran yang dapat dipetik dari kehidupan semut sebagai pedoman hidup sehari-hari. Empat pelajaran itu di antaranya gotong royong, menabung, berjiwa sosial, dan kebersamaan.

Perilaku semut itu memberi petunjuk yang bisa ditiru. Pekerjaan seberat apapun akan selesai dengan kerja sama team-work yang baik.

Hal itu pula yang nampak dalam gelaran TMMD Kodim Banjarnegara di Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara. Gotong royong antara TNI dan warga menjadi kunci utama dalam merampungkan pembangunan infrastruktur.

Selain semangat gotong royong, Satgas TMMD juga membangun masyarakat melalui kegiatan non-fisik yang humanis agar berjiwa sosial di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Walaupun semut tak memiliki pemimpin, tapi rasa kebersamaan dan persatuannya luar biasa dalam beraktivitas dan bertahan hidup. Jadi, dalam setiap tugas pekerjaan yang kita emban, harus dilaksanakan engan ikhlas tanpa perlu pengawasan,” ujar Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X