Ribuan Guru Honorer Termasuk Bandung akan Geruduk Istana Negara Besok Pagi

- Selasa, 15 September 2015 | 19:13 WIB
HONORER: Ribuan guru honorer di Indonesia saat aksi di gedung DPR/MPR RI, Selasa(15/9/2015), rencananya besok(16/9/2015) mereka akan bergerak ke Istana Negara. (http://www.metrosiantar.com)
HONORER: Ribuan guru honorer di Indonesia saat aksi di gedung DPR/MPR RI, Selasa(15/9/2015), rencananya besok(16/9/2015) mereka akan bergerak ke Istana Negara. (http://www.metrosiantar.com)

Jakarta- Ribuan guru honorer yang berstatus K2 di Indonesia akan datangi Istana Negara, Rabu(16/9/2015), untuk mempertanyakan status kepegawaian mereka dan pengangkatan menjadi PNS. Diantara ribuan guru honorer tersebut ratusan diantaranya adalah guru honor dari Kota Bandung.

Ketua Forum Komunikasi Guru Honorer(FKGH) Kota Bandung, Yanyan Herdian menyebutkan jika sebetulnya aksi tersebut merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya ke Gedung DPR/MPR RI.

“Besok Rabu(16/9/2015), merupakan aksi hari kedua karena hari ini kami juga menggelar aksi ke DPR/MPR RI dengan tuntutan yang sama, namun jawaban dari DPR RI tidak memuaskan sehingga kami akan mendatangi Istana Negara dan bertemu Presiden RI,” ujar Yanyan yang dihubungi ayobandung.com, Selasa malam(15/9/2015).

Yanyan mengatakan jika tuntuan mereka tetap sama yakni mempertanyakan status kepegawaian yang selama ini seperti dianak tirikan oleh pemerintah pusat ataupun kab/kota.

“Kami ingin agar status kami bisa dipertegas, apalagi sebelumnya ada pernyataan dari Menpan yang mengatakan jika guru honorer bisa diangkat sesuai dengan kebutuhan Kabupaten dan Kotanya masing-masing. Sayang di Kota Bandung saja Wali Kotanya belum mau melibatkan honorer untuk kebutuhan tenaga pengajar, padahal sebetulnya Walikota/Bupati bisa mengajukan kebutuhannya masing-masing dan harus dari tenaga honorer,” papar Yanyan.

Selain itu pengangkatan guru honorer itupun dirasa sangat lamban dan tidak serius, “Selalu ada jeda dalam pengangkatan kami, bahkan rekan-rekan kami yang diangkat itu sebelumnya di tes pada Tahun 2010, lalu baru ada pengumuman setahun sebelumnya dan kemudian dua baru tahun ini sekitar bulan Febuari lalu. Dan itupun tidak jelas siapa sebetulnya yang diangkat,” tutur Yanyan.

Di Kota Bandung sendiri honorer yang berstatus K-2 sekitar 2300 siswa dan baru diangkat 710 orang, “Kami berharap dalam pengangkatan PNS khusus guru honorer di libatkan dan ada keterbukaan kepada kami siapa saja yang diangkat,” tuturnya.

Rencannya honorer dari Kota Bandung besok pagi akan brgabung dengan ribuan honorer dari Surabaya, Jogjakarta kabupaten Bandung dan daerah lainnya.(yatti)

 

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

Gowes di Tasik sampai Ciamis demi Pemilu 2024

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59 WIB
X