Yamaha

Unggah Foto Cucu di Medsos, Seorang Nenek Didenda Rp16 Juta

  Sabtu, 23 Mei 2020
Logo Facebook.

AMSTERDAM, AYOBANDUNG.COM -- Seorang nenek di Belanda dibawa ke meja hijau akibat ia tidak mau menghapus foto-foto cucunya yang telah diunggah ke Facebook dan Pinterest tanpa seizin orang tuanya.

Perkara tersebut sampai di meja pengadilan setelah perselisihan antara seorang nenek dan putrinya. Ibu dari cucu yang fotonya diunggah oleh sang nenek, telah meminta beberapa kali agar foto-foto itu dihapus.

Menyadur BBC News, pengadilan Belanda memutuskan seorang wanita harus menghapus foto-foto cucunya yang dia posting di Facebook dan Pinterest tanpa izin orang tua mereka.

Hakim memutuskan masalahnya masuk dalam lingkup Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) UE. Seorang pakar mengatakan putusan itu mencerminkan posisi yang diambil Pengadilan Eropa selama bertahun-tahun.

Melalui Facebook, tidak dapat disangkal bahwa foto-foto yang diunggah dapat dibagikan dan mungkin berakhir di tangan pihak yang tidak bertanggung jawab, bunyi aturan tersebut.

Sang nenek harus menghapus foto atau membayar denda sebesar 50 euro (sekitar Rp 805.000) setiap hari jika tidak mematuhi putusan hakim, hingga maksimum denda 1.000 euro (sekitar Rp 16 juta).

Jika sang nenek mengunggah lebih banyak foto anak-anak di masa mendatang, dia akan dikenakan dengan tambahan sebesar 50 euro per hari.

Saya pikir putusan itu akan mengejutkan banyak orang yang mungkin tidak berpikir panjang sebelum mereka men-tweet atau mem-posting foto, kata Neil Brown, seorang pengacara teknologi di Decoded Legal.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE