Yamaha

Suara Dentuman Kembali Terdengar di Bandung, Kini Lebih Kencang

  Jumat, 22 Mei 2020   Fira Nursyabani
Ilustrasi Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Suara dentuman misterius kembali terdengar di wilayah Bandung Raya, Jumat (22/5/2020) pagi. Suara tersebut terdengar beberapa kali dan terasa lebih nyaring dari Kamis (23/5/2020) kemarin.

Sejumlah warganet di jejaring sosial Twitter mengunggah video yang menyertakan suara dentuman tersebut, salah satunya akun @frameinframess. Dalam keterangan videonya, warganet tersebut mengatakan suara dentuman pertama terjadi pada pukul 08.15 WIB, kedua pada pukul 08.42 WIB, dan ketiga pada pukul 09.30 WIB.

 

#dentuman bandung ketiga. pertama jam 8.15 , kedua jam 8.42, ketiga baru tadi, 9.30. pic.twitter.com/MVio9jTMGB

— naufal (@frameinframess) May 22, 2020

AYO BACA : BMKG: Asal Suara Dentuman di Bandung Masih Misterius

Sebuah video dengan suara dentuman juga diunggah oleh akun @arul_yth. "Sekitar Jam 09.45 3x Suara #dentuman dilangit bandung. Lebih keras daripada yang kemarin," ujar dia.

Sekitar Jam 09.45
3x Suara #dentuman dilangit bandung.
Lebih keras daripada yang kemarin. pic.twitter.com/EB5irB8JbT

— arul yth (@arul_yth) May 22, 2020

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman yang terdengar di Bandung sejak kemarin bukan berasal dari gempa bumi maupun petir.

"Berdasarkan data Pengamatan Magnet Bumi, Fluxgate Magnetometor di Pos Obs BMKG Palabuhanratu, 21 Mei 2020, juga tidak Terdapat Anomali yang signifikan saat suara dentuman tadi pagi. Masih misteri," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun Twitter pribadinya, @DaryonoBMKG.

AYO BACA : Suara Dentuman Misterius Terdengar di Bandung, Ini Tanggapan BMKG

Saat dihubungi Ayobandung.com, Kamis (21/5/2020), Kepala BMKG Kota Bandung Tony Agus Wijaya juga mengatakan tidak ada faktor cuaca dan kegempaan yang dapat menyebabkan munculnya suara dentuman berulang tersebut. 

Tony mengatakan penyebab suara dentuman tersebut perlu dianalisis dari faktor lain. Sejauh ini, tidak ada faktor cuaca, gempa, ataupun petir yang terjadi di Bandung Raya yang dapat menjelaskan suara tersebut. 

"Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," ungkapnya.  

Sebelumnya, suara dentuman misterius juga terdengar di Jabodetabek dan Jawa Tengah.

Menurut BMKG, ada sejumlah kemungkinan dari mana suara dentuman itu berasal, seperti dari gempa tektonik, aktivitas longsoran, skyquake atau suara dari langit, aktivitas petir, atau aktivitas gunung berapi.

AYO BACA : Suara Dentuman Misterius Terdengar di Wilayah Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE