Yamaha

[Lipkhas] Setelah Bodebek, Bandung Raya Bisa Diusulkan Jalani PSBB Tahap 2

  Kamis, 09 April 2020   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi -- Warga melintas dekat pertokoan yang tutup di Jalan Braga, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ini resmi telah mengajukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk lima wilayah di Jabar, yakni Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota serta Kota dan Kabupaten Bekasi (Bodebek) ke Menteri Kesehatan.

Bila kelima daerah tersebut disetuji, maka zona Bandung Raya bisa menjadi daerah berikutnya yang diusulkan.

"Jika usulan 5 daerah Jawa Barat tersebut disetujui Kemenkes, maka wilayah Jabodebek akan memiliki sinkronisasi kebijakan yang saling menguatkan dan saling melindungi," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya, Rabu (8/4/2020).

AYO BACA : Kota Bandung Belum Akan Terapkan PSBB

"Tahap 2, sesuai peta persebaran, rencana penerapan PSBB mungkin minggu depan adalah zona Bandung Raya," tulisnya.

Dia mengatakan, salah satu hal yang menjadikan sebuah zona wilayah layak diusulkan untuk status PSBB adalah tingkat persebaran Covid-19 nya. Emil menuliskan, PSBB akan dilakukan di zona yang intensitas positif Covid-19 nya cukup tinggi.

"Ini (PSBB Bodebek) diusulkan karena hampir 70% pergerakan penyebaran virus ini secara nasional ada di Jabodetabek. Karena kebijakan penganggulangan Covid-19 tidak bisa sektoral, tapi harus kebijakan secara cluster," ungkapnya.

AYO BACA : Pemkab Bekasi Akan Rumuskan Sanksi bagi Pelanggar PSBB

peta-covid-bdg

Peta pantauan Covid-19 di Bandung per Kamis (8/4/2020) pukul 19:51 WIB. (Pusicov Bandung)

Meski demikian, Wali Kota Bandung Oded M. Danial selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan, Kota Bandung sejauh ini belum akan memberlakukan PSBB. Dia menilai, hal tersebut harus dikoordinasikan lebih lanjut dengan Gubernur Jabar.

“Sampai hari ini kami belum memutuskan itu. Kalaupun akan menuju ke arah sana, kita sudah sepakat tadi untuk berkoordinasi dengan gubernur, karena gubernur merupakan perwakilan dari pemerintah pusat di Jawa Barat,” ujar Oded usai menggelar rapat terbatas dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) selaku Gugus Tugas di Balai Kota Bandung, Rabu (8/4/2020).

Selain berkonsultasi dengan gubernur, Oded juga merasa harus mematangkan koordinasi dengan kota dan kabupaten sekeliling Kota Bandung. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan akses masuk Kota Bandung yang berbatasan dengan wilayah lain.

“Kalau pun harus terjadi PSBB bisa lebih komprehensif dengan kota kabupaten lainnya. Paling tidak yang ada di Bandung Raya,” ungkapnya.

AYO BACA : Ridwan Kamil: Jabar Ajukan PSBB Berdasarkan Data dari Daerah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE