Yamaha

6 Makanan Ini Picu Asam Urat, Termasuk Daging Angsa

  Senin, 06 April 2020
Daging angsa. (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah makanan bisa menjadi pemicu asam urat, salah satunya daging angsa.

Melansir dari Health.com, berikut 6 makanan dan minuman yang memicu asam urat:

1. Daging merah

Gout atau asam urat terjadi saat kandungan purine kelewat banyak di dalam darah. Daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan purine.

Namyn bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali, Anda masih bisa mengonsumsinya sesekali.

2. Daging kalkun dan angsa

Meski termasuk dalam golongan daging putih, daging kalkun dan angsa memiliki kandungan purine yang cukup tinggi. Agar lebih aman, Anda bisa memilih daging ayam dan bebek untuk lebih aman, dan bagian paha lebih baik daripada bagian dada dengan kulit.

3. Bir

Bir tak hanya meningkatkan kadar asam urat, ia juga membuat tubuh Anda sulit membersihkan zat ini dari sistem tubuh Anda. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi alkohol, wine adalah pilihan yang aman.

Akan tetapi ingat untuk tidak terlalu banyak meminumnya, dan jika bisa, jauhi alkohol sama sekali bila Anda rentan asam urat.

4. Minuman manis

Minuman manis dengan kandungan fruktosa yang tinggi seperti diet soda dan minuman rasa buah-buahan patut dihindari. Tak hanya bikin kita cepat gemuk, pemanisnya akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat.

Sebuah studi menemukan bahwa lelaki yang mengonsumsi banyak fruktosa memiliki risiko tinggi terkena gout, dan di tahun 2010, tim riset yang sama melaporkan bahwa meminum minuman tinggi fruktosa tiap hari dibanding meminumnya sekali dalam sebulan juga meningkatkan risiko gout pada perempuan juga.

5. Jeroan

Apabila Anda pecinta jeroan dan memiliki riwayat asam urat, baiknya Anda berpikir ulang untuk kembali mengonsumsinya. Jeroan seperti hati, ginjal, dan lain-lain sangat berperan besar untuk membuat Anda berisiko terkena atau kambuh dari asam urat.

6. Asparagus

Sayuran seperti asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur tinggi kandung purine ketimbang sayuran lainnya. Akan tetapi apabila Anda menyukai sayuran-sayuran tersebut, tidak perlu menghindarinya sama sekali.

Justru makan banyak sayur bisa membantu Anda membersihkan purine dari tubuh, karena tubuh lebih mudah mengekskresi purine dari sumber sayuran.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE