Yamaha

3 Dokter Meninggal Dunia Akibat Corona, Total Jadi 16

  Sabtu, 04 April 2020
[Ilustrasi] Positif virus corona Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia melaporkan melalui media sosial resminya bahwa tiga dokter yang terjangkit virus corona Covid-19 meninggal dunia, Sabtu (4/4/2020).

Ketiga dokter yang wafat tersebut antara lain dr Bernadette Albertine Fransisca T SpTHT-KL. Dokter Bernadette adalah anggota IDI cabang Makassar.

Selanjutnya, dokter Ketty Herawati Sultana, anggota IDI cabang Tangerang Selatan. Terakhir, DR dr Lukman Shebubakar SpOT PhD, anggota IDI cabang Jakarta Selatan.

Humas PB IDI Abdul Halik Malik mengatakan, ketiganya sempat dirawat di rumah sakit sebelum wafat.

Sebelumnya, PB IDI mengucapkan belasungkawa atas gugurnya dokter-dokter karena virus Corona Covid-19. Hal ini disampaikan IDI dalam akun Twitternya, @PBIDI.

Dalam unggahannya, Ketua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan kerabat dokter-dokter yang meninggal.

"Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) berduka cita amat dalam atas wafatnya sejawat-sejawat anggota IDI sebagai korban Pandemi Covid-19," tulis dr Daeng.

"Semoga apa-apa yang menjadi perjuangan para sejawat kita diterima oleh Allah SWT dengan limpahan pahala yang mulia. Amin."

"Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kekuatan dan keikhlasan atas musibah ini, Amin YRA," demikian tulis pesan tersebut.

Presiden Joko Widodo juga pernah menyampaikan duka mendalam atas gugurnya sejumlah dokter hingga tenaga medis yang menangani pasien positif virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, mereka yang gugur dalam bertugas telah berdedikasi untuk menangani virus mematikan ini.

"Saya mengucapkan duka cita mendalam atas berpulangnya dokter, perawat dan tenaga medis. Yang telah berpulang kepada Allah SWT. Mereka beliau-beliau telah berdedikasi berjuang sekuat tenaga dalam rangka menangani virus corona ini," kata Jokowi dalam keterangannya sebagaimana disiarkan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/3/2020).

Pemerintah, kata Jokowi, turut berterima kasih pada dokter hingga tenaga medis yang telah berjuang selama ini.

Menurutnya, kerja-kerja mereka sebagao bentuk dedikasi dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras beliau-beliau dalam mendedikasikan dalam penanganan covid19," ujarnya.

Berdasarkan catatan PB IDI, hingga Sabtu hari ini, terdapat 16 dokter yang wafat karena terinfeksi Covid-19.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE