Yamaha

Beragam Variasi dan Toping Dalgona Coffee yang Patut Dicoba

  Sabtu, 04 April 2020
Dalgona Coffee. (Instagram/goodhealthgoodvibes)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Dengan resep yang mudah, Dalgona coffee menjadi minuman kekinian yang menantang untuk dibuat. 

Namun, ada saja faktor yang membuat orang gagal menciptakan kekentalan yang pas untuk kopi dalgonanya.

Padahal, cukup tambahkan kopi instan bubuk, gula, dan air dengan perbandingan yang sama untuk membuat dalgona menjadi krim kental. Aduk dengan mikser atau whisk hingga mendapat tekstur yang diinginkan.

Salah seorang barista dan coffee profesional, Ryan Wibawa, juga mengaku telah membuat kopi dalgona. Dia mengatakan, kopi yang populer berkat tayangan TV Korea ini bebas dikreasikan.

"Dalgona ini luas sih ya, bisa dieksplorasi lebih banyak,” kata dia, seperti diberitakan Republika.co.id.

Semakin banyak yang mencoba buat, semakin beragam variasi kopi dalgona. Mereka berkreasi dengan berbagai pelengkap.

Agar lebih crunchy dan enak, Ryan merekomendasikan untuk menambahkan remah biskuit, entah itu oreo atau regal. Nata de coco atau boba yang lebih menyegarkan juga bisa dicampurkan.

Alternatif lain untuk modifikasi kopi dalgona ialah mengganti susu cair yang tawar dengan susu berperisa, seperti rasa cokelat atau matcha. Ada pula yang menjajal versi susu vanila maupun teh susu.

"Kalau saya lihat, sekarang sudah banyak yang coba bikin dalgona yang tidak hanya menggunakan kopi untuk krim kentalnya, tapi ada juga yang menggantinya dengan matcha, cokelat, atau susu bubuk,” ujar Ryan.

Dalam proses pembuatannya, menurut Ryan, matcha, cokelat, susu bubuk, ataupun milk tea perlu ditambahkan bahan khusus. Dalgona matcha, contohnya, sebelum dikocok harus ditambahkan sedikit putih telur.

Untuk milk tea, sebelum dikocok harus ditambahkan baking soda. Tambahan bahan itu diperlukan untuk menciptakan cream kental yang sempurna.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE